Ngeri! Begini Gambaran Penghuni Neraka dan Siksaannya Berdasar Hadis

Senin, 11 September 2023 - 17:26 WIB
loading...
Ngeri! Begini Gambaran Penghuni Neraka dan Siksaannya Berdasar Hadis
Para pendosa yang berada di dalam neraka maka keadaan mereka bertingkat-tingkat. Ilusrasi: Ist
A A A
Para pendosa yang berada di dalam neraka maka keadaan mereka bertingkat-tingkat. Imam Muslim meriwayatkan hadis dari Samurah bin Jundub ra, bahwasannya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang penghuni neraka :

مِنْهُمْ مَنْ تَأْخُذُهُ النَّارُ إِلَى كَعْبَيْهِ وَمِنْهُمْ مَنْ تَأْخُذُهُ النَّارُ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَمِنْهُمْ مَنْ تَأْخُذُهُ النَّارُ إِلَى حُجْزَتِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ تَأْخُذُهُ النَّارُ إِلَى تَرْقُوَتِهِ

“Di antara para penghuni neraka, ada yang disiksa dengan tenggelam dalam api sampai mata kakinya, ada yang sampai ke lututnya, ada lagi yang sampai ke pusar dan ada yang tenggelam sampai ke lehernya“. [HR Muslim no: 2845].



Selanjutnya, dikeluarkan oleh Bazzar dan Abu Ya’la dalam musnad keduanya, sebuah hadis dari Abu Hurairah ra, kalau Nabi SAW pernah bersabda:

لو كان في هذا المسجد مائة ألف أو يزيدون وفيه رجل من أهل النار فتنفس فأصابهم نفسه لاحترق المسجد ومن فيه

“Kalau seandainya ada di dalam masjid ini seratus ribu orang atau lebih, lantas ditaruh seseorang penghuni neraka, kemudian dia bernafas dan mengena dirinya, tentu semua orang dan masjid ini akan turut terbakar (karena panasnya)”. (HR Bazzar no: 9623. Abu Ya’la no: 6670. Dinyatakan shahih oleh al-Albani dalam ash-Shahihah no: 2509).

Siksa Neraka

Siksa neraka yang paling ringan adalah bagi orang yang dikenakan sandal yang bisa membikin otaknya menggelegak. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, bahwasannya Nabi SAW pernah bersabda:

أَهْوَنُ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا أَبُو طَالِبٍ وَهُوَ مُنْتَعِلٌ بِنَعْلَيْنِ يَغْلِى مِنْهُمَا دِمَاغُهُ

“Penduduk neraka yang paling ringan siksaanya ialah Abu Thalib, dirinya disiksa dengan memakai sandal yang membikin otaknya mendidih“. (HR Bukhari no: 3883. Muslim no: 209. dari Ibnu Abbas ra)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)