Doa Memasuki Bulan Rabiul Awal Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Sabtu, 16 September 2023 - 22:07 WIB
loading...
Doa Memasuki Bulan Rabiul Awal Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan
Doa memasuki Rabiul Awal ini dapat dibaca malam ini dengan harapan Allah memberikan kebaikan dan keberkahan di bulan ini. Foto/ist
A A A
Besok Ahad (17/9/2023) kita memasuki 1 Rabiul Awal 1445 H atau bertepatan malam ini menurut pergantian tanggal Hijriyah. Berikut bacaan doa memasuki Rabiul Awal diajarkan ulama Dzurriyah Nabi asal Hadhramaut Yaman, Habib Umar bin Hafizh.

Rabiul Awal adalah bulan istimewa karena di bulan ini sosok manusia paling mulia, Nabi Muhammad ﷺ dilahirkan ke muka bumi. Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriyah yang bermakna bulan awal atau permulaan musim semi.

Bacaan Doa Memasuki Bulan Rabiul Awal

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي خَاتِمَةِ شَهْرِنَا هَذَا ، وَأَقْدِمْ عَلَيْنَا رَبِيعٌ الْأَوَّلِ بِصَلَاحِ الْبِلَادِ وَالْعِبَادِ وَدَفْعِ الْبَلَاءِ وَالْفَسَادِ وَتَفْرِيجِ كَرْبِ أُمَّةِ حَبِيبِك مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخَافِي وَالْبَادِ ، يَاكَرِيمْ يَاجُوَادْ

Allaahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim 'alainaa Robi'uul awwali bisholaahil balaadi wal 'ibaadi wa daf'il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu 'alaihi wasallama fil kholfii wal baadi Ya Kariim ya Juwaad.

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di pengujung bulan (shafar) ini dan datangkanlah kepada kami bulan Rabiul Awal dengan diberi kebaikan kepada negara dan orang-orang di dalamnya. Diangkatkan bala dan kerusakan dan hilangkanlah kesedihan, kesusahan umat Nabi Muhammad SAW yang tersembunyi atau yang terlihat, wahai yang Maha Mulia dan Maha Dermawan."

Selain doa di atas, umat Islam juga dianjurkan membaca doa memasuki awal bulan berikut:

اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ

Allaahumma Ahillahuu 'alainaa bil Yumni wal iimaani was Salaamati wal Islaami Robbi wa Rabbukallah.

Artinya: "Ya Allah, perlihatlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah." (HR at-Tirmidzi, ad-Darimi)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)