Khotbah Jumat Rabiul Awal: Menyambut Maulid Nabi Meraih Keberkahan

Jum'at, 22 September 2023 - 06:37 WIB
loading...
Khotbah Jumat Rabiul Awal: Menyambut Maulid Nabi Meraih Keberkahan
Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1445 H tahun ini jatuh pada Hari Kamis 28 September 2023. Khotbah Jumat kali ini mengangkat tema menyambut Maulid Nabi meraih keberkahan. Foto/SINDOnews
A A A
Khotbah Jumat kali ini mengangkat tema Maulid Nabi Muhammad ﷺ bertabur keberkahan, Jumat 6 Rabiul Awal 1445 Hijriyah (22/9/2023).

Sekadar informasi, Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1445 H tahun ini jatuh pada Hari Kamis 28 September 2023. Di antara peristiwa agung di bulan ini adalah lahirnya sosok mulia sang junjungan alam, Nabi besar Muhammad ﷺ.

Berikut Khotbah Jumat "Maulid Nabi" disampaikan Zaenal Arsyad A S.Fil dilansir dari Laduni, layanan dokumentasi ulama dan keislaman.

KHOTBAH PERTAMA

اَلْحَمْدُ للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْإِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا حَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ


Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah!
Mengawali khutbah ini, tidak bosan-bosan khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan seluruh jama'ah untuk senantiasa bersyukur pada Allah SWT atas segala limpahan anugerah nikmat yang kita terima dalam kehidupan ini. Dan juga mari kita terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah bukan hanya diucapkan melalui lisan kita saja, namun terlebih dari itu ditancapkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan kita sehari-hari. Di antara wujud komitmen bertakwa itu adalah senantiasa menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada rahmat bagi semesta alam Baginda Nabi Muhammad ﷺ, yang sunnahnya selalu kita teladani.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah!
Rabiul Awal merupakan bulan lahirnya manusia paling mulia, paling sempurna nan agung, sang kekasih Allah, utusan Allah yang membawa rahmat bagi sekalian alam, dan sang pemberi syafa'at kelak di hari akhir yaitu Baginda Rasulullah Muhammad ﷺ. Begitu mulianya beliau ﷺ, sehingga sebagian ulama menganggap bahwa malam kelahirannya adalah malam yang mulia setara dengan malam Lailatul Qadar.

Bahkan dalam sebuah Hadis Qudsi disebutkan bahwa kalau bukan karena Nabi Muhammad ﷺ, Allah tidak akan menciptakan Nabi Adam 'alaihissalam.

قال الله تعالى لأدم لولا محمد ماخلقتك

"Allah Ta'ala berkata kepada Nabi Adam: Jika tidak karena Muhammad, Aku tidak ciptakan engkau wahai Adam."

Dalam riwayat lain dikatakan: "Jika tidak karena Muhammad, Aku tidak ciptakan alam semesta ini."

Dari Hadis Qudsi di atas bisa kita bayangkan betapa mulianya sosok Nabi Muhammad ﷺ sebagai kekasih Allah, sehingga segala sesuatu yang telah Allah ciptakan disebabkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Maka sudah sepatutnya kita sebagai umatnya merasa bahagia dan bersuka cita menyambut bulan dan hari kelahiran beliau. Karena hal ini merupakan salah satu bentuk mahabbah kita terhadap Baginda Nabi ﷺ. Adapun cara yang kita lakukan dalam menyambut bulan dan hari kelahiran Nabi ﷺ adalah bermacam-macam selama hal itu tidak menyalahi rambu-rambu hukum.

Namun sangat disayangkan ketika ada sebagian golongan yang masih mempertanyakan terkait rasa suka cita kita dalam menyambut kelahiran Baginda Nabi. Padahal yang diperdebatkan adalah seputar hukum tentang tatacara dalam menyambut dan merayakan maulid Nabi. Selama kegiatan Maulid Nabi diisi dengan aktivitas ibadah seharusnya kita tidak membutuhkan dalil untuk itu. Karena untuk mencintai seseorang saja kita tidak membutuhkan keterangan, apalagi dalam hal ini kita sedang menunjukan cinta kita kepada manusia paling agung.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah!
Prof DR Habib Muhammad Quraish Shihab menjelaskan bahwa Maulid adalah menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Nabi baik dari tempat dan waktunya. Jadi jika kita berbicara Maulid, maka kita akan berbicara segala sesuatu dan semua informasi yang berkaitan dengan Nabi Muhammad ﷺ. Lebih lanjut kata beliau bahwa pembicaraan tentang Maulid Nabi sudah ada sejak zaman sahabat.

Bahkan sebelum kelahiran Nabi ﷺ sudah dibicarakan bahwa akan ada sosok yang namanya Muhammad. Terlepas mau dirayakan atau tidak, pembicaraan tentang Nabi sudah dibicarakan jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad ﷺ. Umat Islam secara khusus mulai membicarakan dan membahas tentang maulid adalah sejak umat Islam mempelajari Al-Qur'an.

Rasulullah ﷺ adalah rahmat dan berkah bagi sekalian alam yang telah Allah berikan. Sudah sepatutnya kita mensyukuri rahmat dan berkah yang telah Allah berikan kepada kita dengan memperbanyak membaca shalawat, bersedekah, menyambung silaturahmi, dan amal baik lainnya. Bukankah Allah memerintahkan kita untuk bergembira dalam menyambut rahmat tersebut sebagaimana firman-Nya dalam Surat Yunus ayat 58 berikut:

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

"Katakanlah, dengan anugerah Allah dan rahmatNya (Nabi Muhammad ﷺ) hendaklah mereka menyambut dengan senang gembira."

Imam As-Suyuthi dalam Kitab Ad-Durrul Mantsur menjelaskan bahwa yang dimaksud rahmat dalam ayat tersebut tiada lain dan tiada bukan adalah Rasulullah Muhammad ﷺ. Mengenai hukum perayaan Maulid Nabi sudah banyak dibahas dalam berbagai kitab dan dalam berbagai kesempatan yang berujung pada kesimpulan bahwa hukum merayakan maulid Nabi Muhammad adalah tradisi yang sangat baik dan disunahkan bahkan diwajibkan jika hal itu merupakan metode dakwah yang efektif dalam mengimbangi kegiatan yang akan merusak moral bangsa.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)