Ngeri! Inilah Gambaran Siksaan Bagi yang Suka Meninggalkan Salat

Sabtu, 23 September 2023 - 19:36 WIB
loading...
Ngeri! Inilah Gambaran Siksaan Bagi yang Suka Meninggalkan Salat
Ada siksaan yang sangat pedih bagi yang suka meninggalkan salat, gambaran siksaannya bisa terjadi di dunia dan akhirat. Foto ilustrasi surga neraka/ist
A A A
Dalam Islam, salat salah satu pilar agama yang sangat penting serta memiliki konsekuensi yang sangat besar bagi umat Islam. Siapa saja yang meninggalkan salat bukanlah perkara sepele, melainkan dosa besar yang akan mendapat siksaan neraka yang sangat mengerikan.

Peringatan keras terkait pentingnya menjaga kewajiban salat , tercantum dalam banyak ayat Al-Qur'an dan hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Diriwayatkan dari Al-Hasan Al-Bashri, bahwasannya Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda : "Mula-mula yang akan dihitung di akhirat adalah salat. Jika salatnya sempurna, maka semua amal lainnya akan mudah dihitung.

Namun, jika terdapat kekurangan dalam salatnya, Allah akan berfirman kepada malaikat-Nya, 'Apakah hamba-Ku ini melaksanakan salat sunah?' Jika iya, maka sempurnakanlah salat fardhu dengan salat sunah. Jika sudah sempurna, maka amal-amal yang lain akan dihitung."

Gambaran Siksaan yang Meninggalkan Salat

Imam Abu Laits As Samarqandi dalam kitabnya, "Tanbihul Ghafilin," menyebutkan bahwa mereka yang melaksanakan salat lima waktu secara berjama'ah akan mendapatkan lima berkah dari Allah. Di antaranya adalah dihindarkan dari kesulitan hidup, dihindarkan dari siksa kubur, catatan amalnya akan dicatat dari sebelah kanan, ia akan melewati titian (shirath) dengan kilat, dan akan masuk surga tanpa hisab.

Namun, bagi mereka yang meremehkan kewajiban salat, Allah memberikan peringatan serius. Mereka akan menghadapi beragam siksaan, termasuk siksaan di dunia, sakaratul maut, kubur, dan pada hari kiamat.

Siksaan di dunia meliputi hilangnya berkah dalam rezeki, amal-amal kebaikan yang tidak diterima, dan perubahan negatif dalam penampilan mereka di mata orang lain.

Siksaan di saat sakaratul maut akan meliputi penderitaan akibat dahaga, kelaparan, dan kesakitan yang hebat. Di dalam kubur, mereka akan menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir, kegelapan, dan kekangan. Pada hari kiamat, mereka akan menghadapi kesulitan dalam hisab, murka Tuhan, dan siksaan Allah di dalam neraka.

Sungguh siksaan yang sanat mengerikan. Semoga hal ini jadi pengingat kita akan pentingnya menjaga salat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)