13 Karakter Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW, Apakah Anda Termasuk?

Selasa, 26 September 2023 - 08:58 WIB
loading...
A A A
Artinya: "Manusia yang terbaik adalah yang memiliki hati bersih dan lisan yang benar." Para sahabat bertanya: "Kami sudah mengetahui lisan yang benar, lalu apa maksud makhmumul qolbu? Rasulullah ﷺ menjawab: "Dia adalah orang yang bertakwa (takut) kepada Allah, yang bersih hatinya, tidak ada dosa dan kedurhakaan di dalamnya, serta tidak ada pula dendam (hasad)." (HR Ibnu Majah, Ath-Thabrani)

13. Mengamalkan 3 Amal yang Dicintai Allah
Dalam satu riwayat, Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ:

أيُّ العَمَلِ أحَبُّ إلى اللَّهِ؟ قالَ: الصَّلاةُ علَى وقْتِها، قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: ثُمَّ برُّ الوالِدَيْنِ قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: الجِهادُ في سَبيلِ اللَّهِ قالَ: حدَّثَني بهِنَّ، ولَوِ اسْتَزَدْتُهُ لَزادَنِي

"Amal apa yang paling dicintai Allah 'Azza wa Jalla?". Nabi ﷺ bersabda: "Sholat pada waktunya". Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?". Nabi menjawab: "Birrul walidain (berbakti kepada orang tua)". Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?". Nabi menjawab: "Jihad fii sabilillah." Demikian yang beliau katakan, andai aku bertanya lagi, nampaknya beliau akan menambahkan lagi." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa karakter manusia terbaik yang bersumber dari Hadis Rasulullah. Jika kita ingin termasuk salah satu di dalamnya, yuk dari sekarang kita berusaha dan berdoa agar Allah melimpahkan rahmat-Nya.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)