4 Amalan yang Mendekatkan ke Surga dan Menjauhkan Diri dari Neraka

Selasa, 26 September 2023 - 09:46 WIB
loading...
4 Amalan yang Mendekatkan ke Surga dan Menjauhkan Diri dari Neraka
Siapa yang berpegang teguh dengan empat amalan ini niscaya dia akan masuk surga dan dijauhkan dari api neraka. Foto ilustrasi/ist
A A A
Masuk surga merupakan dambaan setiap muslim. Ada empat amalan yang dapat mendekatkan seseorang ke surga dan menjauhkan diri dari api neraka. Apakah amalan tersebut?

Dalam Hadis disebutkan bahwa Surga memiliki 8 pintu yang diperuntukkan bagi mereka yang beramal saleh ketika di dunia. Berikut sabda Rasulullah ﷺ terkait amalan yang dapat mendekatkan seseorang ke surga dan menjauhkannya dari api neraka.

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ أَعْمَلُهُ يُدْنِينِي مِنْ الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُنِي مِنْ النَّارِ، قَالَ تَعْبُدُ اللَّهَ لَا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ وَتَصِلُ ذَا رَحِمِكَ، فَلَمَّا أَدْبَرَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنْ تَمَسَّكَ بِمَا أُمِرَ بِهِ دَخَلَ الْجَنَّة (رواه مسلم)

"Dari Abu Ayyub radhiyallahu 'anhu berkata, "Bahwa ada seorang laki-laki mendatangi Nabi ﷺ seraya bertanya, "Ya Rasulullah, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang dapat mendekatkanku ke Surga dan menjauhkanku dari api neraka?" Beliau ﷺ menjawab: "Kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun juga, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan menyambung silaturrahim." Ketika dia pergi, Rasulullah ﷺ bersabda: "Jika dia berpegang teguh dengan hal tersebut, maka dia akan masuk surga." (HR Muslim 15)

1. Menyembah Allah dan Tidak Menyekutukan-Nya
Amalan pertama yaitu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Seorang muslim diperintahkan menyembah Allah Ta'ala dengan penuh ikhlas dan murni, tanpa ada kesyirikan, riya atau pamrih. Dalam Al-Qur'an, Allah mengingatkan berulang-ulang agar manusia menjauhi perkara syirik. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (Syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (Syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar." (QS An-Nisa Ayat 48)

2. Mendirikan Sholat
Sholat merupakan tiang agama, maka siapa yang mendirikannya, berarti ia menegakkan sendi-sendi agama. Dan siapa yang meninggalkan sholat, berarti ia telah meruntuhkan sendi-sendi agama. Mendirikan sholat pada waktunya termasuk amalan yang dicintai Allah yang dapat menyebabkan seseorang masuk surga. Abdullah bin Mas'ud pernah bertanya kepada Rasulullah. "Amal apa yang paling dicintai Allah 'Azza wa Jalla?". Nabi ﷺ bersabda: "Sholat pada waktunya". Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?". Nabi menjawab: "Birrul walidain (berbakti kepada orang tua)". Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?". Nabi menjawab: "Jihad fii sabilillah." Demikian yang beliau katakan, andai aku bertanya lagi, nampaknya beliau akan menambahkan lagi." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

3. Menunaikan Zakat
Keutamaan menunaikan zakat disebutkan dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati." (QS Al-Baqarah ayat 277). Rasulullah ﷺ juga bersabda: "Jagalah harta kalian dengan zakat, obati orang-orang sakit kalian dengan bersedekah." (HR Abu Dawud)

4. Menyambung Silaturrahim
Di antara manusia yang akan mendapat naungan Allah pada Hari Kiamat adalah mereka yang menyambung silaturahim (hubungan kekerabatan). Dalam satu riwayat masyhur disebutkan "Sayangilah penduduk bumi, niscaya kalian akan disayangi oleh penduduk langit." Rasulullah ﷺ juga pernah bersabda: "Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, sholatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah)

Itulah empat amalan ringan yang dapat mendekatkan seseorang ke surga dan menjauhkan diri dari api neraka. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)