Jauhi Perkara Satu Ini Jika Ingin Jadi Ahli Surga

Sabtu, 30 September 2023 - 16:35 WIB
loading...
Jauhi Perkara Satu Ini Jika Ingin Jadi Ahli Surga
Keindahan Surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya tidak dapat dibayangkan oleh siapa pun. Untuk menjadi ahli Surga, seorang muslim harus menjauhi perkara dosa seperti Namimah dan lainnya. Foto/ilustrasi
A A A
Perkara satu ini mungkin terkesan sepele, padahal dapat menghalangi seseorang masuk ke dalam Surga. Jika ingin mendapatkan surga-Nya, hendaknya umat muslim menjauhi perkara dosa yang satu ini.

Perkara apakah itu? Mari kita simak sabda Rasulullah ﷺ berikut:

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَجُلًا يَنُمُّ الْحَدِيث،َ فَقَالَ حُذَيْفَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ (رواه مسلم)

Dari Hudzaifah radhiyallhu 'anhu telah disampaikan kepadanya bahwa ada seorang laki-laki yang mengadu domba suatu pembicaraan, maka Hudzaifah berkata, "Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: "Tidak akan masuk Surga orang yang suka mengadu domba." (HR Muslim 151)

Mengadu domba dalam bahasa Arab disebut dengan "Namimah" (النمیمه)atau "Namam". Pengertian Namimah dijelaskan dalam hadis dari Abdullah bin Mas'ud, sesungguhnya Rasulullah ﷺ berkata: "Maukah kuberitahukan kepada kalian apa itu al-'adhhu? Itulah Namimah, perbuatan menyebarkan berita untuk merusak hubungan di antara sesama manusia." (HR Muslim)

Orang yang suka mengadu domba antara muslim dengan muslim lainnya sangat dibenci Allah. Dia datang pada si A, lalu mengatakan bahwa si B begini dan begitu, kemudian ia datang pada si B dan mengatakan bahwa si A begini dan begitu, yang akibatnya terjadilah permusuhan di antara keduanya.

Dalam Hadis digambarkan betapa besarnya dosa orang yang suka mengadu domba. Selain diharamkan Surga, orang yang mengadu domba juga akan mendapatkan siksa di dalam kubur. Dari Ibnu 'Abbas, bahwa Rasulullah ﷺ melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda: "Sesungguhnya keduanya (yang dikubur) ini sedang disiksa, dan keduanya disiksa bukan karena perkara besar. Yang satu disiksa karena tidak bersuci setelah buang air kecil, sementara yang satunya suka mengadu domba...." (Muttafaqun 'Alaih)

Dalam Hadis lain dari Hudzaifah bahwa ia berkata: "Saya pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: "Tidak akan masuk surga orang yang banyak memfitnah." (HR Al-Bukhari)

Rasulullah ﷺ juga berpesan: "Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya, yang lemah lembut perangainya, dan yang bersikap ramah. Sedangkan orang yang paling aku benci di antara kalian adalah orang yang berjalan ke sana kemari untuk mengadu domba memecah belah orang yang bersaudara dan mencari-cari aib orang lain agar manusia menjauhinya." (HR at-Thabrani)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)