Doa Setelah Buang Hajat dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya

Senin, 02 Oktober 2023 - 10:24 WIB
loading...
Doa Setelah Buang Hajat dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
Doa setelah buang hajat (buang air kecil dan buang air besar) penting dihapalkan karena banyak pahalanya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa setelah buang hajat (buang air kecil dan buang air besar) penting dihapalkan karena banyak pahalanya. Sudah kita ketahui bersama istinja atau disebut juga dengan cebok dilakukan setelah selesai buang hajat dengan cara menyiramkan air atau mengusapkan batu atau benda-benda padat, benda yang kuat yang mempunyai daya resap, yang bersih pada tempat keluarnya najis dengan beberapa kali sehingga dubur atau qubul sudah bersih dari najis, kotoran maupun cairan yang keluar.

Jika istinja menggunakan air, maka percikan air yang sudah dipakai jangan sampai jatuh kebagian tubuh lainnya atau mengenai pakaian. Jika mengenainya harus membersihkannya karena sudah terkena najis. Kemudian jika istinja dilakukan dengan menggunakan batu, kertas, tisu atau yang lainnya.

Maka bagian batu atau kertas yang sudah terkena kotoran jangan dipakai untuk membersihkan lagi. Tetapi gunakan bagian yang belum terkena kotoran. lebih baik jika menggunakan batu atau kertas yang lain. dan akan lebih baik jika ber istinja dengan batu atau kertas lebih dari 3 buah.

Bacaan Doa Setelah Buang Hajat

Berikut ini adalah doa setelah istinja lengkap dengan tulisan latin dan artinya.

اَللّٰهُمَّ حَسِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاخِشِ وَظَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ


Allaahumma hassin farjii minal fawaahisyi wa thahhir qolbii minan nifaaqi

Artinya : "Ya Allah bersihkanlah farjiku (kemaluan) dari keburukan dan bersihkan hatiku dari nifaq (kemunafikan)."

Maksud dari doa diatas ialah, kita memohon kepada Allah SWT, supaya hati kita disucikan dari sifat berpura-pura atau munafik, serta memohon agar kemaluan kita terjaga atau terpelihara dari perbuatan keji.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)