Kumpulan Artikel: Thaharah

  • Doa Setelah Buang Hajat dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:24 WIB
    Doa setelah buang hajat (buang air kecil dan buang air besar) penting dihapalkan karena banyak pahalanya. Begini lafadz doanya dalam huruf Arab, latin dan artinya.
  • Perbedaan Mani, Wadi dan Madzi Berikut Cara Membersihkannya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:18 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui perbedaan antara Mani, Wadi dan Madzi yang sering dikira sama. Berikut perbedaannya dan cara membersihkannya.
  • Ini Alasan Mengapa Islam Tidak Menganjurkan Kencing Berdiri
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 23:57 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan kebersihan, kesucian dan keselamatan. Dalam urusan buang air kecil atau kencing, Islam memberi tuntunan dan adab-adabnya.
  • Begini 4 Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid yang Wajib Dipahami Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 11:11 WIB
    Mengetahui cara selesainya masa akhir haid wajib dipahami oleh setiap muslimah. Hal tersebut penting, agar ketika memulai kembali melaksanakan ibadah wajib, muslimah tidak kebingungan dan merasa ragu-ragu.
  • Mengenal Jenis Najis dan Tata Cara Bersucinya
    Tips
    Rabu, 26 Januari 2022 - 20:48 WIB
    Mengetahui tentang najis dan jenis-jenis sangat penting bagi seorang muslim karena berkaitan erat dengan ibadah. Jangan sampai karena ketidaktahuan, menganggap sepele hal yang sebenarnya adalah najis.
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • Tata Cara Tayamum Lengkap dengan Niatnya
    Tips
    Kamis, 22 Juli 2021 - 18:25 WIB
    Berikut tata cara tayamum lengkap dengan lafaz niatnya. Tayamum adalah salah satu keistimewaan dan kekhususan bagi umat Islam.
  • Jangan Salah Paham, Ini Beda Hadas dan Najis
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 11:13 WIB
    Hadas dan najis adalah dua istilah yang sering kita dengar di setiap kajian ilmu thaharah (bersuci). Kedua istilah ini sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.
  • Cara Membersihkan Pakaian Najis di Mesin Cuci
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 10:38 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum mencampur pakaian yang terkena najis di dalam mesin cuci. Apakah boleh mencampurnya dengan dengan pakaian lain?
  • Bolehkah Mandi Junub dalam Keadaan Telanjang?
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 15:12 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan thaharah atau bersuci dari hadas karena merupakan syarat yang wajib dipenuhi sebelum beribadah. Bolehkah mandi junub dalam kondisi telanjang?
  • Kaidah Berwudhu Muslimah Berhijab di Tempat Umum
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 09:35 WIB
    Yang sering menjadi bahan diskusi terkait dengan tema wudhu ini, adalah tentang kaidah berwudhu bagi perempuan muslimah berhijab yang berwudhu di tempat umum. Pasalnya, seringkali bagi mereka, kesulitan mendapatkan tempat wudhu yang aman.
  • Tata Cara Mandi Haid Menurut Sunnah
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 07:06 WIB
    Setelah selesai haid, perempuan muslimah diwajibkan bersuci kembali dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid. Lantas, seperti apa tata cara mandi haid ini sesuai tuntunan sunnah?
  • Menyepelekan Urusan Kencing, Azab Kubur Menanti
    Muslimah
    Sabtu, 07 November 2020 - 17:36 WIB
    Mungkin kita berpikir bahwa azab kubur itu hanya menimpa orang-orang yang melakukan dosa besar. Tapi siapa mengira, bila azab kubur itu, ternyata banyak terjadi karena hal yang sepele, atau mungkin diremehkan!
  • Sebenarnya Darah itu Suci atau Najis?
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:49 WIB
    Sebenarnya darah ini, termasuk suci atau najis? Hal ini penting diketahui kaum muslim, karena menyangkut masalah yang berkaitan dengan thaharah (bersuci).
  • Lantai Rumah Sering Dikencingi Anak Kecil? Begini Cara Mengatasi Najisnya
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:30 WIB
    Ketika lantai-lantai rumah sering dikencingi anak kecil, tidak jarang air kencingnya hanya dilap saja, tanpa dibasuh dengan air dan menjadi mengering dengan sendirinya.
  • 7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 18:24 WIB
    Berwudhu merupakan suatu amalan yang tidak bisa lepas dari seorang muslim karena wudhu merupakan termasuk syarat salat seorang hamba diterima Allah Taala.
  • Wanita Keputihan Apakah Najis dan Membatalkan Wudhu?
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 21:24 WIB
    Persoalan fiqih yang satu ini sering ditanyakan oleh kaum perempuan. Apakah keputihan itu najis dan membatalkan wudhu? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Apakah Tidur dalam Keadaan Duduk Membatalkan Wudhu? Ini Penjelasan Ustaz Farid
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 23:36 WIB
    Posisi tidur seperti apakah yang membatalkan wudhu? Apabila bersandar atau duduk apakah itu termasuk membatalkan wudhu? Berikut jawaban Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Bagaimana Cara Mandi Wajib yang Benar?
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 06:10 WIB
    Thaharah atau bersuci (bersih) adalah ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Thaharah merupakan syarat yang harus dipenuhi seseorang sebelum melakukan ibadah.