Pengaruh Zikir dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:10 WIB
loading...
Pengaruh Zikir dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia
Berzikir atau selalu mengingat Allah Subhanahu wa taala, pasti akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada jiwa manusia yang mengamalkannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Membaca zikir atau berzikir memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Selain manfaatnya, ada juga pengaruhnya yang luar biasa terhadap jiwa. Apa saja pengaruh zikir tersebut?

Berzikir atau selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala, pasti akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada jiwa manusia yang mengamalkannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pengaruh zikir bagi jiwa manusia :

1. Dapat menghilangkan rasa sedih dan gundah hati

Dengan berzikir, secara otomatis kita akan selalu mengingat Allah Subhanahu Ta’ala sehingga Allah akan menghapuskan segala kesedihan dan kegundahan yang ada dalam hati kita.

2. Mendatangkan perasaan takut dan makin taat kepada Allah SWT

Berzikir akan mendatangkan perasaan takut terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan membuat diri semakin taat terhadap-Nya, sementara orang yang sangat lalai untuk berzikir, akan mudah sekali melakukan perbuatan dosa tanpa rasa takut terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

3. Membuat hati menjadi lebih hidup

Sebagaimana diriwayatkan Ibnu Taimiyah yang berbunyi :

“ Zikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”

Sehingga ada pepatah mengatakan “ Ikan tanpa air akan mati, dan hati tanpa dzikir akan mati”.

4. Menjadikan hati semakin kuat

Apabila seseorang melupakan bahkan meninggalkan zikir maka dapat diibaratkan seperti tubuh yang kehilangan kendali dan kekuatan. Dikisahkan Ibnu Qayyim rahimahullah pernah sesekali melihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah shalat subuh kemudian Beliau duduk berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga matahari terbit.

Kemudian Beliau melihat padanya (Ibnu Qayyim) kemudian berkata, ‘ Ini adalah kebiasaanku dipagi hari. Jika aku tidak dzikir seperti ini, hilanglah kekuatanku.

5. Bisa menghilangkan kerisauan hati

Semakin banyak seorang hamba melakukan zikir, maka semakin dekat pula dia dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga hatinya terbebas dari segala macam kerisauan. Karena dia akan selalu ikhlas dengan ketetapan dari Allah.

6. Dipandang sebagai seorang berwibawa

Seseorang yang rajin berzikir maka akan dipandang sebagai orang yang berwibawa, serta mudah disenangi dan dicintai oleh orang lain. Karena orang yang rajin berzikir akan terhindar dari perbuatan yang tercela sehingga mudah untuk bergaul dengan masyarakat luas.

7. Menjauhkan dari penyakit hati

Menjauhkan dari berbagai macam penyakit hati, seperti iri, dengki, pemarah, suka menggibah dan lain sebagainya. Karena orang yang rajin berdzikir akan selalu mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga hatinya akan bersih dari penyakit.

8. Membuat jiwa lebih dekat dengan Allah SWT

Orang yang setiap saat senantiasa berzikir pada Allah, maka jiwanya akan lebih dekat dengan Allah karena Allah menyukai hamba-Nya yang selalu mengingat diri-Nya.

9. Memelihara lisan dari perkataan yang dapat menyakiti orang lain

Dengan selalu berzikir, lisannya akan terjaga dari perkataan kotor dan perkataan yang dapat menyebabkan orang lain terluka. Karena yang keluar dari lisannya hanyalah kalimat-kalimat Allah yang menenangkan.

10. Mendapatkan kemuliaan

Dengan berzikir maka hati atau qalbu akan semakin kuat dan mendapat kemuliaan jiwa. Barang siapa yang sering menyebut kalimat-kalimat Allah maka akan mendapat kekuatan hati dan Allah akan memuliakan jiwanya.

11. Menghindari dari kemiskinan

Berzikir dapat menolak kemiskinan, yang dimaksud dengan kemiskinan di sini yaitu miskin hati. Karena tidak mungkin seseorang yang senantiasa selalu berdzikir pada Allah hatinya akan menjadi kosong dan hampa. Selain itu zikir pembuka rezeki juga bisa memperbaiki kehidupan menjadi lebih barokah.

12. Menjauhkan dari kemunafikan

Menjauhkan diri dari sifat seorang munafik, orang yang selalu berzikir akan selalu mengingat Allah sehingga dia takut untuk melakukan kebohongan, ingkar akan janji dan melakukan pengkhianatan karena itu termasuk perbuatan dan ciri ciri orang munafik yang pada dasarnya Allah SWT sangat membencinya.

13. Membuat wajah menjadi lebih berseri

Seseorang yang setiap harinya rajin melakukan zikir, maka wajahnya akan terlihat lebih bersinar dan juga berseri baik itu di dunia atau pun di akhirat nantinya.

14. Mewakili berbagai perkara

Zikir merupakan inti dari segala perkara ( ra’sul umuur), sehingga siapapun yang mudah baginya untuk berzikir, maka semua kebaikan akan mudah pula diperoleh baginya.

15. Dapat melunakkan hati

Dengan berzikir, maka hati akan menjadi lunak, sebagaimana hadist riwayat Turmudzi yang berbunyi:

“ Zikir kepada Allah akan membasahi hati dan melunakkannya. Sebaliknya jika hati kosong dari zikir, ia akan menjadi panas oleh dorongan nafsu dan api syahwat sehingga menjadi hati yang kosong dan keras. Anggota badannya sulit (menolak) untuk diajak taat kepada Allah.” (HR At-Turmudzi)

16. Menghindarkan dari perbuatan maksiat

Dapat menjauhkan dari perbuatan maksiat yang merupakan hasutan syaithan serta dapat menekan atau pun menghentikan gejolak nafsu syahwat yang seringkali sulit untuk dikendalikan.

17. Memperbaiki hati yang rusak

Orang yang lalai berzikir akan menyebabkan hatinya menjadi berkarat dan ketika dia melakukan zikir maka hatinya akan kembali mengkilap.

Demikian pengaruh zikir pada hati manusia. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)