Keutamaan Berzikir dan Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:42 WIB
loading...
Keutamaan Berzikir dan Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW
Di antara keutamaan dan manfaat berzikir akan menjadikan hati tenang, tidak gelisah, tidak takut ataupun khawatir. Foto/Ist
A A A
Keutamaan berzikir mengingat Allah sangat banyak, di antaranya dapat mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian. Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang, tidak gelisah, tidak takut ataupun khawatir.

Banyak mengingat Allah merupakan perintah syariat sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! ingatlah kepada Allah dengan berdzikir sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab Ayat 41)

Allah memerintahkan kita memperbanyak zikir bukan tanpa alasan. Banyak sekali manfaat dan keutamaan berdzikir jika kita rinci lebih dalam. Berzikir ataupun bertasbih bisa dilakukan pagi hari ketika bangun dari tidur. Atau sore hari ketika saat seseorang selesai mengerjakan pekerjaan sepanjang hari.

Berikut Keutamaan Berzikir
Di antara keutamaan berzikir diterangkan dalam Al-Qur'an maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya:

1. Hati Selalu Tenang dan Tenteram
Allah menegaskan bahwa orang-orang yang berzikir akan menjadikan hati tenang sebagaiman firman-Nya:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram." (QS. Ar-Ra'd Ayat 28)

2. Dikerumuni Malaikat
Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya Allah memiliki para Malaikat yang berkeliling di jalan-jalan mencari ahli zikir (orang-orang yang berdzikir). Apabila para Malaikat itu menemukan sekelompok orang berzikir, maka para Malaikat itu saling memanggil: "Marilah kamu datang kepada apa yang kamu cari." Para Malaikat itu menutupi perkumpulan dzikir itu dengan sayap-sayap mereka hingga ke langit dunia.

3. Mendapat Kedudukan Mulia di Sisi Allah
Dari Jabir, ia berkata: "Rasulullah ﷺ keluar menemui kami, ia berkata: "Wahai manusia, sesungguhnya Allah memiliki sekelompok pasukan Malaikat yang menempati dan berhenti di majlis-majlis zikir di atas bumi, maka nikmatilah taman-taman surga".

Para sahabat bertanya: "Di manakah taman-taman surga itu?" Rasulullah ﷺ menjawab: "Majlis-majlis zikir. Maka pergilah, bertenanglah dalam zikir kepada Allah dan jadikanlah diri kamu berzikir mengingat Allah. Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah, maka hendaklah ia melihat bagaimana kedudukan Allah bagi dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan seorang hamba di sisi-Nya sebagaimana hamba itu menempatkan Allah bagi dirinya." (HR Al-Hakim dalam al-Mustadrak)

4. Mendapat Curahan Rahmat dari Allah
Salman Al-Farisi radhiyallahu 'anhu bersama sekelompok sahabat berzikir, lalu Rasulullah ﷺ melewati mereka dan beliau datang kepada mereka dan mendekat. Lalu mereka berhenti karena memuliakan Rasulullah. Beliau bersabda: "Apa yang kamu ucapkan? Aku melihat rahmat turun kepada kamu, aku ingin ikut serta dengan kamu." (HR Al-Hakim)

5. Dosa-dosa Diampuni
Dari Anas bin Malik, dari Rasulullah ﷺ bersabda: "Sekelompok orang berkumpul berzikir mengingat Allah, tidak mengharapkan kecuali keagungan Allah, maka ada Malaikat dari langit yang memanggil mereka: "Berdirilah kamu, dosa-dosa kamu telah diganti dengan kebaikan." (HR Ahmad dalam Kitab al-Musnad)

Doa yang Diajarkan Rasulullah
Rasulullah ﷺ mengajarkan sebuah doa agar Allah menolong kita untuk senantiasa berzikir mengingat-Nya. Berikut redaksi doanya:

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma A-'innii 'alaa Dzikrika wa Syukrika wa husni 'Ibaadatik.

Artinya: "Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berzikir mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu." (HR Abu Daud dan Ahmad)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2497 seconds (0.1#10.140)