Begini Indahnya Tradisi Kekeluargaan Warga Arab Saudi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:10 WIB
loading...
Begini Indahnya Tradisi Kekeluargaan Warga Arab Saudi
Menjunjung tinggi tradisi kekeluargaan dan menjaga tali kekerabatan merupakan bagian integral dari masyarakat dan budaya Saudi. Foto Arab News
A A A
Setiap hari Jumat, Abdullah Al-Sulaiman mengenakan pakaian favoritnya. Ia mengajak keluarganya ke rumah sang kakek untuk bertemu seluruh anggota keluarga. Di sini mereka menikmati cuaca di halaman belakang sambil minum teh dan mamool (kue).

Menjunjung tinggi tradisi kekeluargaan dan menjaga tali kekerabatan merupakan bagian integral dari masyarakat dan budaya Saudi yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

“Keluarga adalah pilar utama masyarakat Arab Saudi, yang menjadi landasan lingkaran sosial sebagian besar masyarakat. Setiap hari Jumat adalah hari keluarga, biasanya saya habiskan di rumah kakek saya dimana semua paman dan bibi saya datang bersama anak-anaknya,” kata Al-Sulaiman, kepada Arab News.



Beberapa keluarga mempunyai ruangan khusus, yang disebut majilis, di rumah mereka, di mana urusan-urusan penting keluarga dibicarakan dan para tamu disambut untuk bersosialisasi.

Mutlaq Al-Jabaa, warga Riyadh, gemar mengantar keluarganya keliling kota. “Kami senang berlayar keliling Riyadh, jadi saya mengantar mereka keliling kota, atau kami menyewa chalet pusat rekreasi yang memiliki kolam renang dan konsol hiburan agar seluruh keluarga dapat berkumpul dan bersenang-senang,” ujarnya.

Di Arab Saudi, menyewa istiraha, atau chalet, adalah tempat tinggal sementara yang sering kali memiliki kolam renang, ruang tamu besar untuk berkumpul bersama keluarga, dan taman dengan area bermain untuk anak-anak.

Di bulan-bulan yang lebih dingin, Al-Jabaa mengatakan sebagian besar keluarga di Riyadh juga menikmati aktivitas luar ruangan, seperti piknik di gurun pasir di sekitar Wadi Hanifa dan lokasi lainnya. “Itu disebut Kashta. Pada malam musim dingin, kami pergi ke gurun dan membawa kursi, teh, makanan, kayu, dan karpet kecil untuk duduk dan menikmati cuaca, dan kami suka membakar kayu bakar untuk menghangatkan diri.”



Kegiatan keluarga populer lainnya termasuk berkemah, tur safari gurun pasir, menunggang unta, sandboarding, bersepeda quad, dan melihat bintang – semuanya menawarkan pengalaman unik di alam sekaligus meningkatkan prospek ekonomi bagi bisnis lokal.

“Kami lebih suka berkumpul di sebuah kamp di padang pasir di mana para lelaki bermain kartu baloot, dan para perempuan menikmati duduk dan menyeruput teh atau kopi Saudi sambil menyaksikan anak-anak berlarian,” kata Al-Sulaiman.

Ikut serta dalam olahraga, seperti sepak bola, balap kuda, dan elang, juga merupakan bagian penting dari tradisi keluarga di Riyadh.

Nouf Al-Humaidi sering menyewa sebuah peternakan dengan kandang untuk mengajari anak-anak menunggang kuda.

“Orang-orang Saudi sangat terhubung dengan kuda. Di keluarga saya, kami mengajari anak-anak sejak kecil cara menunggang kuda sehingga ketika mereka besar nanti, mereka dapat memutuskan apakah mereka ingin menjadikannya sebagai olahraga. Anak-anak juga sangat senang ketika melihat hewan ternak, dan mereka belajar banyak tentang cara membuat susu dan cara mengumpulkan telur,” ujar Al-Humaidi.



Selama Ramadan , keluarga, sebagian besar di akhir pekan, mengadakan acara buka puasa di rumah mereka bersama teman dan keluarga. Idul Fitri dan Idul Adha – dua hari raya keagamaan terpenting dalam kalender Islam – adalah saat-saat yang menggembirakan bagi keluarga besar untuk berkumpul untuk merayakan, bertukar hadiah, dan menikmati makanan dan minuman tradisional.

Hanouf Al-Salama mengatakan bahwa ayahnya memiliki peternakan tempat anggota keluarga dan anak-anak mereka berkumpul untuk menikmati alam dan memetik kurma.

“Kami membuat kopi Saudi untuk diminum keluarga bersama kurma; kami ingin mengadakan kompetisi untuk anak-anak, melihat siapa yang dapat mengumpulkan kurma paling banyak. Kami juga mengadakan barbekyu, di mana laki-laki dalam keluarga sering memasak dagingnya,” kata Al-Salama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)