Kumpulan Artikel: Tradisi Ramadhan

  • Bolehkah Ziarah Kubur Sebelum Ramadan?
    Tausyiah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 12:46 WIB
    Di Indonesia, di antara tradisi menjelang bulan Ramadan (akhir Syaban) adalah ziarah kubur. Bagaimana Islam memandang tradisi ziarah kubur menjelang Ramadan tersebut?
  • Ragam Tradisi di Daerah dalam Menyambut Bulan Ramadan
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 09:54 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Shabri Shaleh Anwar dalam buku berjudul Ramadhan Pembangkit Esensi Insan menyebutkan beberapa tradisi tersebut
  • Begini Indahnya Tradisi Kekeluargaan Warga Arab Saudi
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:10 WIB
    Menjunjung tinggi tradisi kekeluargaan dan menjaga tali kekerabatan merupakan bagian integral dari masyarakat dan budaya Saudi yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Tradisi Meugang di Aceh, Menyembelih Ayam Juga Sah
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Maret 2023 - 11:08 WIB
    Meugang atau makmeugang adalah tradisi masyarakat Aceh dalam menyambut bulan Ramadan, lebaran Idul Fitri dan lebaran Idul Adha. Ini adalah tradisi berkumpul memakan daging bersama.
  • Tradisi Punggahan, Berdoa dan Bersyukur Naik ke Bulan Mulia
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Salah satunya adalah tradisi punggahan. Ini dilakukan di sejumlah daerah Jawa dengan cara berbeda-beda.
  • 8 Kebiasaan Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 15:13 WIB
    Masyarakat Islam di Indonesia memiliki beberapa kebiasaan yang lazim dilakukan pada bulan Ramadan di berbagai daerah di tanah air. Salah satunya tradisi membangunkan sahur.
  • 10 Ragam Tradisi Menyambut Kedatangan Ramadan di Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Setidaknya ada 10 tradisi di berbagai daerah. Tradisi ini berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya.
  • Renungan: Kisah Burung Ingin Mengubah Tradisi Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 19 April 2021 - 05:00 WIB
    Berkali-kali aku mengatakan bahwa aku akan menyingkapkan semua rahasia di dunia yang fana ini. Tetapi, karena takut dan adanya hasrat untuk menyelamatkan diriku, aku telah mengunci bibirku.
  • Tetap Mempertahankan Spirit Ramadhan Pada Hari-Hari Biasa
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 05:02 WIB
    Alangkah baiknya jika tradisi selama Ramadhan kita lanjutkan pada hari-hari berikutnya, jiwa tetap ringan menjalankan ketaatan demi ketaatan kepada Allah SWT.