Gambaran Surga Menurut Al-Quran dan Hadis

Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:43 WIB
loading...
Gambaran Surga Menurut Al-Quran dan Hadis
Surga merupakan tempat abadi yang diciptakan Allah. Ilustrasi: Ist
A A A
Surga merupakan tempat abadi yang diciptakan Allah. Ini adalah tempat yang sangat indah dan penuh dengan kenikmatan yang tidak terbayangkan oleh manusia. Surga diperuntukkan bagi hamba-Nya yang beriman dan taat kepada segala perintah-Nya. Nama-nama surga di antaranya: Jannah, Firdaus, Ma’wa, Adn, Naim, (Dar) al-Qarar, al-Muttaqin, as-Salam, al-Muqamah, dan Maqam al-Amin.

Surga sebagaimana yang digambarkan dalam al-Quran Surat Muhammad ayat 15 berupa taman yang indah, sungai mengalir dari air susu, anggur, madu dan buah-buahan lainnya. Sedangkan dalam QS Zukhruf ayat 71 disebut, perkakas makan seperti piring dan gelas terbuat dari emas. Di sana juga banyak gedung-gedung pencakar yang tinggi ( QS Az-Zumar : 20).



Di surga nanti semua akan mendapatkan pasangan ( QS Al-Baqarah : 25), bersenang-senang dengan kegemaran masing-masing, duduk dengan istri di Sofa ( QS Yasin : 55-56). Tidak luput pula bujang-bujang muda berpakaian sutra hijau, gelang tangan dari perak, minuman bersih ( QS Al-Insan :19-21), gadis yang suci, sopan, matanya jelita ( QS Shaffat : 48-49). Bahkan di surga tidak ada kata-kata kotor, atau sia-sia ( QS Waqiah : 25-26)

Hadis yang diriwayatkan Muslim bahwa di surga nanti semua penghuninya akan tetap muda dan tidak akan menua selamanya, serta diberi kenikmatan sehingga tidak pernah menderita sakit selamanya. Allah SWT berfirman: “dan diserukan kepada mereka itulah surga yang telah diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan” ( QS Al-A’raf ayat 43).

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)