Islamofobia: Sayap Kanan AS Berhubungan dengan Eropa

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Muslim terdiri dari berbagai etnis, namun ada banyak kesamaan antara Islamofobia dan rasisme. Islamofobia mengarah pada banyak ciri rasisme, seperti stereotip, prasangka, diskriminasi, dan penganiayaan. Oleh karena itu, menyebutnya sebagai bentuk rasisme mungkin ada manfaatnya. Dengan mengulangi atau memodifikasi istilah Islamofobia dalam kaitannya dengan rasisme, para sosiolog dapat lebih memahami tingkat diskriminasi berlapis yang dihadapi umat Islam di Amerika dan Eropa.

Misalnya, Fear Inc., sebuah laporan yang diterbitkan oleh Center for American Progress, merinci beberapa dampak dari bentuk rasisme ini, dan kelompok mana yang mendapat manfaat dari retorika anti-Muslim semacam ini di media.

Pada saat yang sama, memandang Islamofobia sebagai kebencian terhadap agama mungkin menghalangi kita untuk mempertimbangkan bentuk-bentuk diskriminasi atau prasangka non-agama.

American Civil Liberties Union (ACLU) menjelaskan bagaimana ratusan perempuan Muslim berhijab diperlakukan tidak adil di ruang publik karena keyakinan mereka, dan Equal Opportunity Commission menulis tentang lebih dari 90 tuntutan hukum terhadap majikan karena pelecehan atau pekerjaan. diskriminasi sejak 9/11.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)