Kisah Perempuan Iran Narges Mohammadi, Peraih Nobel yang Jalani Hidup di Penjara

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 16:15 WIB
loading...
Kisah Perempuan Iran Narges Mohammadi, Peraih Nobel yang Jalani Hidup di Penjara
Narges Mohammadi. Foto: Aljazeera
A A A
Dia adalah Narges Mohammadi. Pembela hak-hak perempuan Iran yang kini mendekam di penjara ini memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2023. Ia adalah pejuang yang berani melawan penindasan terhadap perempuan di Iran. Ia gigih berjuang tanpa henti untuk reformasi sosial.

Aljazeera melaporkan saat berada di balik jeruji besi, dia dianugerahi penghargaan bergengsi itu pada hari Jumat 6 Oktober 2023 atas upayanya mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan untuk semua.

“Perjuangannya yang berani menimbulkan kerugian pribadi yang sangat besar. Secara keseluruhan, rezim telah menangkapnya sebanyak 13 kali, menghukumnya sebanyak lima kali, dan menjatuhkan hukuman total 31 tahun penjara dan 154 kali cambukan,” ujar Berit Reiss-Andersen, Ketua Komite Nobel Norwegia, mengatakan di Oslo saat pengumuman tersebut.



Narges Mohammadi, 51 tahun, adalah salah satu aktivis hak asasi manusia terkemuka di Iran yang berkampanye untuk hak-hak perempuan dan penghapusan hukuman mati.

Dia saat ini menjalani beberapa hukuman di penjara Evin yang terkenal kejam di Teheran. Menurut organisasi hak asasi Front Line Defenders ia akan menjalani sekitar 12 tahun penjara. Ini adalah salah satu dari sekian banyak masa penahanannya di balik jeruji besi. Ia antara lain dituduh menyebarkan propaganda melawan negara.

Narges Mohammadi adalah wakil kepala Pusat Pembela Hak Asasi Manusia, sebuah organisasi non-pemerintah yang dipimpin oleh Shirin Ebadi, penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2003.

Dia mengatakan kepada The New York Times setelah kemenangannya bahwa dia tidak akan pernah berhenti berjuang untuk demokrasi dan kesetaraan – bahkan jika itu berarti harus tetap berada di penjara.

“Saya akan terus berjuang melawan diskriminasi tanpa henti, tirani dan penindasan berbasis gender yang dilakukan oleh pemerintah agama yang menindas hingga pembebasan perempuan,” kata surat kabar tersebut mengutip ucapannya dalam sebuah pernyataan.

“Saya juga berharap pengakuan ini membuat protes masyarakat Iran untuk perubahan menjadi lebih kuat dan terorganisir. Kemenangan sudah dekat.”
Kisah Perempuan Iran Narges Mohammadi, Peraih Nobel yang Jalani Hidup di Penjara




Teheran menuduh komite Nobel ikut campur dan mempolitisasi masalah hak asasi manusia.

“Tindakan Komite Perdamaian Nobel adalah langkah politik yang sejalan dengan kebijakan intervensionis dan anti-Iran di beberapa negara Eropa,” kata Nasser Kanaani, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran.

“Komite Nobel Perdamaian telah memberikan hadiah kepada seseorang yang terbukti melakukan pelanggaran hukum dan tindakan kriminal berulang kali, dan kami mengutuk hal ini sebagai tindakan yang bias dan bermotif politik,” tambahnya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah.

Hadiah Penting

Henrik Urdal, direktur Institut Penelitian Perdamaian di Oslo, mengatakan kepada Al Jazeera setelah pengumuman bahwa ini adalah “hadiah yang sangat penting, yang merayakan pencapaian para pembela hak asasi manusia, khususnya pembela hak-hak perempuan di Iran, yang merupakan negara yang sangat bermasalah."

“Ini adalah penghargaan yang juga berfokus pada pengorbanan generasi muda di Iran. Ini adalah cara untuk menggarisbawahi pengorbanan mereka dan tantangan yang dihadapi para pembela hak asasi manusia di Iran,” katanya.

Penghargaan yang diberikan kepada Mohammadi diberikan setelah gelombang protes melanda Iran menyusul kematian seorang pemuda Kurdi Iran, Mahsa Amini, yang ditahan setahun yang lalu karena melanggar aturan ketat dalam berpakaian bagi perempuan di Iran.



Iran berada di peringkat 143 dari 146 negara dalam peringkat kesetaraan gender Forum Ekonomi Dunia. Teheran menolak tuduhan diskriminasi terhadap perempuan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)