Pengin Otak Cerdas? Berikut Panduan Syariat yang Bisa Diamalkan!

Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:20 WIB
loading...
Pengin Otak Cerdas? Berikut Panduan Syariat yang Bisa Diamalkan!
Islam menganjurkan umatnya agar cerdas otak dan pikirannya, karena hal tersebut merupakan perintah Allah SWT dalam Al Quran dan terulang di beberapa ayat untuk menyuruh menggunakan akal dan pikiran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Islam menganjurkan umatnya agar cerdas otak dan pikirannya. Kenapa demikian? Karena hal tersebut merupakan perintah Allah SWT dalam Al Quran dan terulang di beberapa ayat untuk menyuruh menggunakan akal dan pikiran .

Lantas adakah cara khusus di dalam syariat Islam ini untuk mencerdaskan atau menajamkan otak tersebut? Simak ulasan 5 cara syar'i mencerdaskan otak dalam Islam untuk menjawabnya:

1. Mengikhlaskan niat hanya kepada Allah

Hal ini merupakan kunci utama. Ilmu hanya akan menghujam kuat di dalam hati yang ikhlas, imbas dari hati yang ikhlas pikiran yang jernih. Kadar ilmu seseorang sesuai dengan kadar keikhlasannya.

2. Menjaga diri dari dosa

Menjauhi dosa dan bertaubat adalah penting dalam pencapaian ilmu.

Penting sekali karena ilmu itu tidak akan masuk kedalam dasar seseorang ahli maksiat. Ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah SWT tidak akan diberikan kepada ahli maksiat.

3. Meminta pertolongan Allah

Apabila tidak ada pertolongan Allah SWT, upaya seseorang akan mengecewakan. Oleh karena itu, meminta pertolongan-Nya adalah langkah yang sangat penting.

Seorang hamba tidak berdaya tanpa kuasa dan pertolongan Allah SWT, oleh karena itu manusia sepantasnya memintak bantuan dan pertolongan yang Maha Kuasa yakni Allah SWT.

4. Makanan untuk otak

Makanan salah satu nutrisi atau suplemen bagi otak, makanan bergizi bagi otak serta halal jenis makanan dan cara mendapatkannya. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekuatan otak adalah salah satu cara yang disarankan untuk mencerdaskan otak. Penting sekali memperhatikan suplemen otak kita, agar kebutuhannya terpenuhi sehingga berpikir jernih dan sehat.

5. Ilmu adalah milik Allah

Ilmu adalah milik Allah SWT, maka kita harus lebih tawadhu, dan sujud kepada pemilik ilmu agar ilmu tersebut bisa masuk kedalam dada kita. Dekati Allah dengan menyucikan hati dari dosa. Ingatlah, hanya orang-orang yang bersih hatinya yang akan diberikan ilmu oleh-Nya.

Demikian panduan syariat dalam upaya mencerdaskan otak dan pikiran kita. Semoga bermanfaat!



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)