Jangan Tertipu dengan Tampilan Lahiriyah Semata

Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:54 WIB
loading...
Jangan Tertipu dengan Tampilan Lahiriyah Semata
Rasulullah SAW mengingatkan kita agar tidak tertipu dengan tampilan lahiriyah semata. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Sudah menjadi hal lumrah bahwa manusia cenderung melihat sesuatu dari fisik lahiriyah. Banyak yang terlihat jelek di mata kita,tetapi mulia di sisi Allah.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) mengingatkan kita agar tidak tertipu dengan tampilan lahiriyah semata. Hal ini berdasarkan hadis beliau:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رُبَّ أَشْعَثَ مَدْفُوعٍ بِالْأَبْوَابِ لَوْ أَقْسَمَ عَلَى اللَّهِ لَأَبَرَّهُ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Berapa banyak orang yang rambutnya kusut, tampak dihinakan dan diusir oleh orang-orang, namun apabila dia berdoa kepada Allah, pasti Allah akan mengabulkannya." (HR. Muslim, No 4754).

Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan menjelaskan hikmah hadis di atas yang dikutip dari web resminya. Kata Ustaz Rikza , ada tiga pelajaran yang bisa dipetik dari hadis tersebut. ( )

1. Anjuran Tidak Memandang Seseorang dari Tampilan Lahiriyah Saja.
Karena betapa banyak orang yang tampilan lahiriyahnya mempesona, kata-katanya seolah membangkitkan asa, visi dan pengetahuannya seakan menghentak dada, goresan penanya menyihir mata, namun ternyata bathiniyahnya porak poranda. Sebaliknya betapa banyak orang yang tampilan lahiriyahnya sangat sederhana, namun ternyata hatinya penuh iman dan takwa, yang apabila ia berdoa, Allah Ta'ala mengijabah doanya.

Dalam riwayat disebutkan, dari Sahl RA berkata, Ada seorang laki-laki lewat di hadapan Rasulullah SAW , maka beliau pun bertanya kepada para sahabat : "Bagaimana pendapat kalian mengenai orang ini?" Mereka menjawab, "Ia begitu berwibawa. Bila ia meminang pasti diterima, dan bila memberi perlindungan pasti akan dipenuhi, dan bila ia berbicara, niscaya akan didengarkan." Beliau kemudian terdiam, kemudian lewatlah seorang laki-laki dari fuqara' kaum muslimin, dan beliau pun bertanya lagi: "Lalu bagaimanakah pendapat kalian terhadap orang ini?" Mereka menjawab, "Ia pantas bila meminang untuk ditolak, jika memberi perlindungan tak akan digubris, dan bila berbicara niscaya ia tidak didengarkan." Maka Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya orang ini lebih baik daripada seluruh kekayaan dunia yang seperti ini. (HR. Al-Bukhari, No 4701)

2. Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana.
Allah Ta'ala tidak memandang seseorang dari pintarnya ia bermain kata, atau dari pesona tampilan fisiknya, atau dari harta dalam aset kekayaannya. Namun Allah memandang seseorang dari kemuliaan hatinya yang terhiasi dengan iman dan takwa. Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan harta kalian, tetapi Allah melihat kepada hati dan amal kalian." (HR. Muslim, No 4651).( )

3. Bahagianya Orang yang Hidup Sederhana.
Orang yang hidup sederhana, tutur katanya sederhana, ilmunya juga mungkin sederhana, namun ia memiliki tingkat keikhlasan yang luar biasa, sehingga amal salehnya jauh melebihi tampilan fisiknya. Keindahan hatinya jauh mengungguli keindahan wajahnya dan sentuhan kalimat dalam hatinya jauh menandingi kata-kata yang keluar dari lisannya. Orang yang seperti inilah bisa jadi merupakan orang-orang yang dicintai Allah. Meskipun tidak banyak dikenal oleh penduduk bumi, namun ia dikenal oleh penduduk langit, yaitu oleh para Malaikat yang suci dan mulia.

NabiSAW bersabda: "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang baik lagi bertakwa dan tidak dikenal, yaitu orang-orang yang apabila menghilang maka mereka tidak dicari-cari. Dan jika mereka hadir maka mereka tidak di kenal, hati mereka ibarat lentera-lentera petunjuk yang muncul dari setiap bumi yang gelap." (HR. Ibnu Majah, No 3979). ( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)