Amalan Sederhana yang Dapat Mengantarkan ke Surga

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:11 WIB
loading...
Amalan Sederhana yang Dapat Mengantarkan ke Surga
Banyak cara untuk meraih surga-Nya Allah, salah satunya dengan memperbanyak catatan amal saleh. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Banyak cara untuk meraih surga-Nya Allah, salah satunya dengan memperbanyak amal saleh. Islam hadir memberi petunjuk terbaik bagi mereka yang ingin meraih kemuliaan tersebut.

(Baca Juga: Doa dan Amalan Agar Dibangunkan Rumah di Surga )

Sebagaimana diketahui bahwa surga memiliki 8 pintu yang disiapkan bagi orang-orang yang bertakwa. Rasulullah SAW mengabarkan kepada umatnya tentang amalan sederhana tetapi dapat mengantarkan seseorang ke surga . Amalan apakah itu?

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ أَعْمَلُهُ يُدْنِينِي مِنْ الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُنِي مِنْ النَّارِ، قَالَ تَعْبُدُ اللَّهَ لَا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ وَتَصِلُ ذَا رَحِمِكَ، فَلَمَّا أَدْبَرَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنْ تَمَسَّكَ بِمَا أُمِرَ بِهِ دَخَلَ الْجَنَّة (رواه مسلم)

Dari Abu Ayyub RA berkata, "Bahwa ada seorang laki-laki mendatangi Nabi SAW seraya bertanya, 'Ya Rasulullah , tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat mendekatkanku ke surga dan menjauhkanku dari api neraka? Beliau SAW menjawab: "Kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun juga, mendirikan salat , menunaikan zakat dan menyambung silaturrahim ." Ketika dia pergi, Rasulullah SAW bersabda: "Jika dia berpegang teguh dengan hal tersebut, maka dia akan masuk surga '. (HR. Muslim, Hadits No 15)

Menurut Direktur Institut for Islamic Studies & Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan , hadis di atas mengandung beberapa hikmah, di antaranya:
1. Pentingnya menjaga spirit untuk senantiasa mencintai akhirat, karena di sanalah kampung halaman kita yang sebenarnya, dan kelak kita semua akan "mudik" kembali ke sana. Oleh karenanya, segala persiapan perlu dilakukan, termasuk diantaranya memperbanyak amalan yang dapat menyelamatkan kita dari api neraka dan memasukkan kita ke surga , sebagaimana ditanyakan oleh sahabat Nabi dalam hadis di atas.

2. Bahwa sesungguhnya jika seorang muslim menjaga dan senantiasa berpegang teguh (istiqamah) untuk melakukan amalan-amalan dasar dalam Islam, seperti tidak menyekutukan Allah, mengerjakan salat , puasa dan membayar zakat , ditambah dengan menyambung tali silaturrahim , maka hal tersebut dapat mengantarkannya masuk ke dalam surga. (Baca Juga: Subhanallah, Pezina dan Pencuri Pun Masuk Surga Asalkan Menjauhi Perkara Ini )

Hendaknya kita berusaha menjaga amaliyah dasar kita dalam menjalani hidup ini, minimal dengan selalu mentauhidkan Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun juga. Selalu menjaga salat dalam segala kondisi dan situasi, melaksanakan puasa, membayar zakat dan senantiasa menjaga silaturrahim. Karena hal-hal tersebut adalah tiket untuk dapat selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga .

Mudah-mudahan, kita srmua termasuk dalam golongan yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga . (Baca Juga: Inilah Perbuatan yang Menghalangi Seseorang Masuk Surga )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1406 seconds (10.177#12.26)