3 Amalan Paling Utama, Apa Saja?

Senin, 03 Agustus 2020 - 17:30 WIB
loading...
3 Amalan Paling Utama, Apa Saja?
Iman kepada Allah merupakan pondasi dan dasar yang di atasnya tegak berbagai amalan lainnya. Foto/Ist
A A A
Sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Dalam banyak riwayat hadis Rasulullah SAW menjelaskan begitu banyak amalan yang dicintai Allah.

Salah satunya hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim ketika Nabi ditanya oleh sahabat tentang amalan apa yang paling dicintai Allah? Lalu beliau SAW menjawab: (1) salat pada waktunya (2) berbakti kepada orangtua (3) berjihad di jalan Allah. ( )

Pada kesempatan lain, Rasulullah SAW juga pernah ditanya oleh sahabat terkait amalan apa yang paling utama. Kemudian beliau SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَل؟ُ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ قَالَ ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ حَجٌّ مَبْرُورٌ (رواه مسلم)


Dari Abu Hurairah RA berkata, "Bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya, " Amal apa yang paling utama? ' Beliau menjawab: "(Yaitu) beriman kepada Allah." Dia bertanya lagi, "Kemudian apa?" Beliau menjawab: "Jihad di jalan Allah." Dia bertanya lagi, "Kemudian apa?" Beliau menjawab: "Haji yang mabrur." (HR. Muslim, No 118)

Hikmah Hadis
Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan menjelaskan makna hadis di atas sebagai berikut:
1. Bahwa iman kepada Allah Ta'ala menempati rangking pertama, dalam amal-amal perbuatan yang paling utama dan paling dicintai oleh Allah. Karena iman merupakan pondasi dan dasar yang di atasnya tegak berbagai amalan lainnya. Oleh karenanya, hendaknya setiap kita senantiasa menjaga dan merawat iman, dengan senantiasa mengikuti pengajian pembinaan iman dan Islam secara rutin. Memiliki bi'ah islamiyah (lingkungan Islami) yang baik, serta menghindarkan diri dari segala amal perbuatan yang dapat merusak keimanan. ( )

2. Amalan utama lainnya adalah berjihad di jalan Allah. Yaitu berjuang untuk menegakkan kalimatullah dalam segala aspeknya, (selain tentunya mencakup jihad dalam makna peperangan dalam rangka mengahadapi musuh-musuh Allah). Seperti di bidang politik (memperjuangkan aspirasi dan kemaslahatan umat di parlemen maupun di pemerintahan atau juga di sektor lainnya). Ekonomi (dengan mengembangkan ekonomi dan kesejahteraan untuk umat). Sosial kemasyarakatan (dengan menyebarkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sosial kemasyarakatan), dan sebagainya.

3. Amalan paling utama lainnya berdasarkan hadis di atas adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, dengan haji yang mabrur. Karena haji merupakan ibadah yang cukup berat dan memerlukan pengorbanan, baik dari aspek harta (dengan biaya yang besar, dan nafkah untuk keluarga yang ditinggalkan), fisik (dengan tenaga yang besar karena rangkaian panjang ibadah haji dan medan yang berat di Tanah Suci). Hati (dengan keikhlasan, kesabaran, dan perasaan yang semata ditujukan kepada Allah semata.

Demikian penjelasan hadis 3 amalan yang paling utama sebagaiman disabdakan Rasulullah SAW . Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mengamalkan perbuatan paling mulia dan dicintai oleh Allah. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)