Persoalan Israiliyyat Sudah Muncul sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:25 WIB
loading...
A A A
Umar Syam mengingatkan jika kita membaca Taurat (Perjanjian Lama) dan Injil (Perjanjian Baru), kita akan menemukan bahwa mereka memiliki banyak cerita yang mirip dengan Al-Qur'an, terutama cerita tentang nabi, meskipun ada beberapa perubahan besar dan kecil.

Al-Qur'an berbeda dengan Taurat dan Alkitab dalam cara menceritakan kisah para nabi. Al-Qur'an hanya menceritakan bagian-bagian dari kisah yang memberi pelajaran dan memberi nasihat. Itu tidak menjelaskan secara detail tentang masalahnya.

Al-Qur'an tidak mengatakan kapan atau di mana peristiwa tertentu terjadi, dan biasanya tidak menyebutkan nama orang yang terlibat. "Itu juga tidak memberikan banyak detail tentang bagaimana ceritanya dari awal sampai akhir; alih-alih, ia hanya memilih beberapa bagian yang penting untuk tema cerita," tulis Ahmad Dimyati Badruzzaman dalam "Kisah-Kisah Isrâîliyyât Dalam Tafsir Muni".

Di sisi lain, Al-Qur'an juga menyebutkan nama-nama tokoh dalam beberapa kesempatan, namun dalam konteks deskripsi atau penggunaan kata-kata, terdapat kemiripan dan kesamaan antara satu kisah dengan kisah lainnya.

"Jika kita membaca kisah yang sama baik dalam Taurat dan Al-Qur'an, atau dalam Al-Qur'an dan Alkitab, dan kemudian membandingkan keduanya, kita dapat melihat bahwa kisah tersebut diceritakan dengan cara yang berbeda," ujar Ahmad Dimyati Badruzzaman.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)