Jumat Berkah! Yuk Perbanyak Baca Sholawat, Ini Manfaatnya

Kamis, 26 Oktober 2023 - 23:45 WIB
loading...
Jumat Berkah! Yuk Perbanyak Baca Sholawat, Ini Manfaatnya
Selain mengerjakan sholat Jumat di masjid, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bersholawat di Hari Jumat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hari Jumat merupakan hari mulia yang sangat berkah dan menjadi penghulu dari semua hari (Sayyidul Ayyam). Selain menegerjakan sholat Jumat di masjid, umat Islam dianjurkan untuk banyak-banyak bersholawat.

Berikut beberapa keutamaan dan manfaat bersholawat pada Hari Jumat. Semoga kita dapat menghidupkannya.

Dari Abu Ad Darda radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

أكثروا الصلاة علي َّيوم الجمعة فإنه مشهود تشهده الملائكة، وإن أحدًا لن يصلي عليَّ إلا عرضت عليَّ صلاته حين يفرغ منها

Artinya: "Perbanyaklah sholawat kepadaku di hari Jum'at, karena hal itu disaksikan oleh kesaksian para Malaikat. Sesungguhnya tidaklah seorang pun bershalawat kepadaku melainkan shalawatnya itu sampai kepadaku saat dia usai membacanya." (HR Ibnu Majah 1637. Al Mundziri mengatakan sanadnya jayyid. Lihat Fathul Ghafar, 2/617)

Dari Abu Mas'ud Al-Anshari radhiyallahu 'nhu bahwa Nabi ﷺ bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَي َّالصَّلَاةَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، فَإِنَّهُ لَيْسَ أَحَدٌ يُصَلِّي عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا عُرِضَتْ عَلَيَّ صَلَاتُهُ

Artinya: "Perbanyaklah sholawat kepadaku di hari Jum'at, karena tidaklah seseorang bershalawat kepadaku melainkan shalawatnya itu akan sampai kepadaku." (HR Al-Hakim dalam Al Mustadrak 3577, Al-Hakim berkata: shahih. Dalam sanadnya ada Ismail bin Raafi', para ulama mendha'ifkannya)

Hadis yang semisal sebenarnya cukup banyak dan saling menguatkan satu sama lainnya. Ini menunjukkan bahwa membaca sholawat di hari Jumat sangat ditekankan.

Manfaat Membaca Sholawat
Lalu untuk apa Shalawat ini? Apakah ada manfaatnya bagi yang membacanya. Manfaat menghidupkan sholawat sejatinya kembali kepada kita, sebagaimana keteranga Hadis berikut:

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

من صلى علي صلاة واحدة صلى الله عليه عشر صلوات وحطت عنه عشر خطيئات ورفعت له عشر درجات

Artinya: "Barangsiapa yang shalawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali dan menghapuskan baginya 10 kesalahan dan menaikkan dirinya 10 derajat." (HR Ahmad 11587; An-Nasa'i 1297, dan ini lafaznya An-Nasa'i. Ibnu Hibban 903; Al Hakim, 1/550. Dishahihkan oleh Imam Ibnu Hibban, Imam Dhiya'uddin Al Maqdisi, dan Syaikh Al-Albani)

Hadis Shahih yang menerangkan manfaat dan keutamaan bersholawat diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: "Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershawalat kepadanya 10 kali." (HR Muslim 408)

Riwayat lain disebutkan:

ومن صلى علي عشر مرات صلى الله عليه مائة مرة

Artinya: "Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershawalat kepadanya 100 kali." (HR at-Thabrani dalam Al-Mu'jam Al-Ausath 7235 dan As-Shaghir 899)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد


(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)