Datiim, Yahudi Ortodoks Modern: Setuju Mengusir Orang-Orang Arab dari Tanah Palestina

Sabtu, 04 November 2023 - 10:50 WIB
loading...
Datiim, Yahudi Ortodoks Modern: Setuju Mengusir Orang-Orang Arab dari Tanah Palestina
Mayoritas warga Datiim menggambarkan diri mereka sebagai bagian dari sayap kanan politik. Foto/Ilustrasi: igoogleed israel
A A A
Survei Pew Research Center menemukan bahwa hampir semua orang Yahudi Israel mengidentifikasi diri mereka dengan salah satu dari empat subkelompok: Haredi (ultra-Ortodoks), Dati (religius), Masorti (tradisional) dan Hiloni (sekuler).

Selain perbedaan keyakinan dan praktik keagamaan, kelompok-kelompok ini juga menghuni dunia sosial yang berbeda-beda dan dicirikan oleh gaya hidup dan politik mereka masing-masing.



Berikut adalah fakta Yahudi Dati atau Datiim:

Datiim dikenal sangat taat pada agama Yahudi. Mereka benar-benar yakin akan kepercayaan mereka kepada Tuhan. Mereka tidak bepergian dengan mobil, kereta api atau bus pada hari Sabat, sesuai dengan hukum Yahudi.

Namun, Datiim – terkadang digambarkan sebagai Yahudi Ortodoks modern – jauh lebih terintegrasi dalam masyarakat Yahudi modern. Misalnya, Datiim lebih cenderung mengatakan bahwa mereka menghargai kesuksesan karier dan perjalanan keliling dunia dibandingkan Haredim.

Laki-laki Dati lebih berpeluang untuk bertugas di militer Israel dibandingkan laki-laki Haredi. Warga Dati juga cenderung aktif dalam politik Israel.

Mayoritas warga Datiim menggambarkan diri mereka sebagai bagian dari sayap kanan politik, dan 71% setuju bahwa orang-orang Arab harus diusir atau dipindahkan dari Israel , jauh lebih banyak dibandingkan kelompok Yahudi lainnya.

Dibandingkan tiga kelompok lainnya, mereka juga lebih mungkin mengatakan bahwa pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat membantu keamanan Israel.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)