Mengenal Standar Propaganda dan Cara Licik Buzzer Israel

Senin, 06 November 2023 - 05:15 WIB
loading...
Mengenal Standar Propaganda dan Cara Licik Buzzer Israel
Selama pertempuran di Gaza, Israel selalu berusaha untuk menampilkan dirinya sebagai korban tak berdosa dari serangan-serangan Arab . Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Hasbara menjalankan teknik tradisional agitprop, disinformasi, dan propaganda di media konvensional dan saluran komunikasi yang lebih terfokus seperti Facebook , Twitter (X), dan YouTube .

Middle East Policy Council dalam "Hasbara and the Control of Narrative as an Element of Strategy" menyebutkan, di beberapa negara, seperti Amerika Serikat , Israel dapat mengandalkan “kolom kelima” simpatisan aktivis untuk memperkuat pesan-pesannya.

Kolom ini juga membantah dan mendiskreditkan pernyataan-pernyataan yang bertentangan dengan argumen, fakta, dan rekayasanya, serta untuk mempertanyakan moral orang-orang yang mengeluarkan pernyataan tersebut.



Israel dengan cerdas memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan yang tercipta untuk kemitraan publik-swasta dalam propaganda. Sebagai salah satu contoh yang relevan, Badan Yahudi untuk Israel telah mensponsori “Buku Pegangan Hasbara” online untuk digunakan oleh siswa di seluruh dunia sebagai pendukung Israel dan kebijakannya.

“Buku Pegangan Hasbara” menjelaskan banyak teknik standar propaganda dan retorika yang menipu. Bagian ini melatih argumen-argumen spesifik dan argumen-argumen tandingan serta menguraikan program pelatihan untuk advokasi dan sanggahan.

Hal ini juga menekankan pentingnya pelabelan atau “panggilan nama” – menghubungkan seseorang atau ide dengan simbol negatif.

Buku pegangan ini menempatkan dirinya dalam konteks yang lebih luas. Mereka memuji kerja “CAMERA” – Komite Akurasi Pelaporan Timur Tengah di Amerika – sebuah organisasi yang terkenal karena keganasan upayanya untuk mencemarkan reputasi orang-orang yang mengkritik Israel atau mengemukakan peristiwa-peristiwa yang menyimpang dari narasi resmi Israel dengan mencap mereka sebagai “anti-Semit” atau “orang Yahudi yang membenci diri sendiri.”



Dicatat bahwa CAMERA menyediakan majalah bulanan gratis yang berisi materi hasbara tepat waktu untuk pelajar Yahudi di Amerika Serikat.

Sejumlah lembaga think tank yang berorientasi pada Israel memberikan panduan serupa secara online, seperti halnya banyak situs web di Israel sendiri.

Selain itu, banyak rabbi Amerika yang melihat tugas mereka untuk menggalang jemaatnya untuk membela Israel.

Salah satu contoh yang umum adalah seorang rabi yang, ketika pertempuran di Gaza dimulai, menekankan kepada jemaatnya di New York bahwa “menjadikan diri Anda informasi yang cukup dan mampu mengartikulasikan kasus Israel dengan jelas dan meyakinkan adalah... penting... Tidak ada artikel media cetak atau editorial yang miring atau laporan elektronik yang ... tidak seimbang dan tidak adil dapat dibiarkan begitu saja.

Organ-organ media yang biasanya anti-Israel harus dibanjiri surat dan email ketika cerita dan gambar mereka melukiskan ... potret apa yang kita tahu sebagai sesuatu yang lain.

Percakapan di tempat pendingin air, di klub kesehatan, dan khususnya di pesta-pesta liburan dan pertemuan-pertemuan yang sangat umum pada saat ini… semua ini adalah tantangan kita. Dapatkan informasi, tetap terinformasi, dan biarkan suara Anda didengar.”



Negara-negara lain tidak memiliki jaringan luar negeri yang unik berupa para pemimpin agama dan sesi belajar yang didedikasikan untuk mengindoktrinasi para advokat mengenai posisi mereka dan mengorganisir kelompok mereka untuk membungkam para penentangnya.

Selama pertempuran di Gaza, Israel selalu berusaha untuk menampilkan dirinya sebagai korban tak berdosa dari serangan-serangan Arab yang penuh kebencian dan tidak rasional.

Setidaknya di Amerika Serikat, upaya ini cukup berhasil pada perang Gaza pertama. Terlepas dari kenyataan bahwa Israel memulai eskalasi yang menghasilkan perang, menjatuhkan amunisi seribu kali lebih banyak di Gaza dibandingkan warga Gaza yang menembaki Israel, menghadapi musuh yang tidak memiliki pertahanan udara dengan salah satu angkatan udara tercanggih di dunia sambil mendemonstrasikan sistem pertahanan udara yang canggih.

Israel memiliki pertahanan terhadap rudal buatan sendiri yang ditembakkan dari Gaza. Rudal ini membunuh 32 kali lebih banyak warga Gaza dibandingkan warga Gaza yang membunuh warga Israel. Sebagian besar orang Amerika terus menganggap isu ini sebagai hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)