Strategi Licik Israel! Begini Kerja Buzzer Israel Hasbara

Minggu, 05 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
Strategi Licik Israel! Begini Kerja Buzzer Israel Hasbara
Mereka tak segan-segan berbohong dan memutar balikkan fakta. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Hasbara berarti "menjelaskan" adalah program hubungan masyarakat yang bertujuan menyebarkan informasi positif tentang Israel ke seluruh dunia. Itu sebabnya, mereka tak segan-segan berbohong dan memutar balikkan fakta. Hamas dan pejuang Palestina disebutnya teroris, begitu juga anak-anak Palestina , sebuah strategi perang yang licik.

Israel Citizens Information Council (ICIC)berdalih bahwa tujuan organisasinya adalah membantu menjelaskan kehidupan di Israel dari sudut pandang rakyat jelata Israel . Pada akhirnya, ICIC merekrut warga Israel dari berbagai lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proyek-proyeknya.



Ini adalah wujud kemitraan publik-swasta di mana negara memimpin dan diikuti oleh buzzer, juga relawan, yang berkomitmen dalam menerapkan strategi informasi.

Hasbara berakar pada konsep propaganda, agitprop, dan sensor sebelumnya. Seperti mereka, komunikasi adalah komunikasi yang diperhitungkan untuk mempengaruhi kognisi dan perilaku dengan memanipulasi persepsi mengenai suatu sebab atau posisi dengan argumen sepihak. Substansi yang bersifat prasangka, dan daya tarik emosional.

Sejumlah pakar hasbara mempelajari metode yang dipakai aktivis Palestina dan memberikan saran untuk menanggapinya. Misalnya, dengan menyebut pengunjuk rasa dengan kata "pemuda", publik akan enggan menyebut mereka "anak-anak".

Para pakar ini mengangkat perbedaan makna kata antara demonstrasi dan kerusuhan, organisasi teror dan organisasi politik Palestina.

Urusan hasbara di Israel dan luar negeri ditangani Kementerian Diplomasi Publik Israel. Anggaran tahunan kementerian ini NIS 23,8 juta atau setara Rp94,5 miliar.



Kementerian Diplomasi Publik merupakan salah satu dari 31 kementerian yang membentuk pemerintahan saat ini dibandingkan dengan 28 kementerian pada pemerintahan sebelumnya. Hanya saja, Oktober lalu, kementerian ini akan dibubarkan setelah menteri yang duduki pos ini, Galit Distal-Atbaryan mundur.

Sipil dan Militer

Selain teknik tradisional agitprop, disinformasi, dan propaganda di media konvensional, aparat hasbara Israel banyak menggunakan saluran komunikasi yang lebih terfokus seperti Facebook, Twitter (X), dan YouTube.

Mereka membanjiri khalayak dengan informasi yang mendukung tujuan mereka dan menyaring informasi yang bertentangan dengan tesis mereka. Hal ini mencerminkan perencanaan dan persiapan darurat yang cermat.



Opini publik semakin banyak dibentuk oleh media sosial. Israel telah mengorganisir pemerintahan sipil dan unit militer untuk mengeksploitasi hal ini, termasuk membuat situs web, akun media sosial, dan pesan yang dikaitkan dengan identitas palsu.

Ia telah mempelajari cara memanipulasi fungsi browser, algoritma mesin pencari, dan mekanisme otomatis lainnya yang mengontrol informasi apa yang disajikan kepada pengguna Internet.

Manipulasi semacam itu dapat memastikan bahwa komentar dan informasi tertentu akan muncul atau tidak dalam respons terhadap penelusuran. Hal ini dapat lebih menonjolkan materi lama yang kritis terhadap sumber atau analisis dibandingkan entri baru yang mendukungnya.

Ia dapat mengatur pencarian untuk hanya menemukan komentar dan informasi positif atau negatif mengenai suatu topik.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)