Doa agar Dijauhkan dari Segala Fitnah

Senin, 06 November 2023 - 13:00 WIB
loading...
Doa agar Dijauhkan dari Segala Fitnah
Doa agar dijauhkan dari segala fitnah dan mohon keselamatan ini penting diketahui kaum muslim di tengah kondisi zaman yang sangat mengerikan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa agar dijauhkan dari segala fitnah dan mohon keselamatan ini penting diketahui kaum muslim di tengah kondisi zaman yang sangat mengerikan.
Doa untuk dijauhkan dari fitnah ini, berdasarkan dar surat Al Qur'an yakni dari surat Yunus ayat 85-86.

Isi kandungan doa dijauhkan dari fitnah dan doa mohon keselamatan tersebut adalah doa kaum Bani Israil agar dijauhkan dari fitnah dan memohon keselamatan pada Allah dari kezaliman Raja Firaun.

Berikut ini adalah bacaan surat Yunus ayat 85-86 arab latin dan artinya:

فَقَالُوْا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَا ۚرَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ


fa qaaluu ‘alallaahi tawakkalnaa, rabbanaa laa taj’alnaa fitnatal lil-qaumiz-zaalimiin (QS. Yunus:85)

Artinya: Mereka pun berkata, “Kepada Allahlah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim. (QS. Yunus:85)

وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ


wa najjinaa birahmatika minal-qaumil-kaafiriin

Artinya: Selamatkanlah pula kami dengan rahmat-Mu dari kaum yang kafir.” (QS. Yunus:86)

Surat Yunus turun di kota Makkah sehingga surat tersebut masuk dalam golongan surat Makkiyah kecuali ayat 40, 94 dan 95 yang turun di kota Madinah. Yunus artinya Nabi Yunus, berjumlah 109 ayat, nomor surat ke 10, juz 11 dalam kitab suci Al Qur'an.

Tafsir Surat Yunus Ayat 85 dan 86

Dari ayat 85, ditafsirkan bahwa :

Orang-orang yang beriman lagi taat ketika mendengar seruan Musa, mereka segera menyambutnya dengan penuh ketaatan, bahkan mereka hanya bertawakkal kepada Allah.

Mereka menyadari bahwa kemenangan dan kebahagiaan yang dijanjikan Tuhan kepada orang-orang yang beriman tergantung kepada iman, amal, dan tawakal mereka.

Kemudian sesudah tawakal, mereka berdoa kepada Allah agar memelihara mereka dari kejahatan orang-orang yang zalim serta melindungi mereka dari upaya orang-orang yang ingin memalingkan mereka dari agama.

Ayat 86 :

Ayat ini menerangkan kelanjutan doa Bani Israil ketika mereka memohon kepada Allah agar mereka dilepaskan dari kekuasaan dan kekejaman Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya.

Berabad-abad lamanya mereka dalam perbudakan Fir'aun dan mereka mengalami kerja paksa dan pekerjaan kasar lainnya yang hina dan tidak berperikemanusiaan.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)