Doa saat Mendengar Kokok Ayam di Malam Hari

Senin, 06 November 2023 - 14:10 WIB
loading...
Doa saat Mendengar Kokok Ayam di Malam Hari
Doa atau berdoa saat mendengar kokok ayam di malam hari, disunnahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam karena itu bertanda bahwa ayam melihat malaikat yang sedang turun ke bumi. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa atau berdoa saat mendengar kokok ayam di malam hari, disunnahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa dianjurkan membaca doa? Tanda ayam berkokok di malam hari menurut islam disebutkan dalam

Sebuah hadis Nabis Shallallahu alaihi wa sallam bahwa ayam tersebut melihat Malaikat . Karena itu, Rasulullah menganjurkan agar membaca doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari.

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا


Artinya: “Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah (berdoalah) karunia Allah, karena dia (ayam) melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729).

Menilik dari hadis di atas maka tanda ayam berkokok malam hari menurut islam adalah bahwa ayam tersebut melihat Malaikat. Maka dengannya disunahkan untuk memanjatkan doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari agar Allah melimpahkan karunia-Nya.

Doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari salah satunya adalah sebagai berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ


La ilaha illallah. Allahumma inni as’aluka min fadhlika

Artinya: “Tiada tuhan yang disembah selain Allah. Hai Tuhanku, aku meminta kepada-Mu sebagian dari kemurahan-Mu.”

Hadis lain yang meriwayatkan tentang ayam berkokok di malam hari:

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Janganlah kalian mencela ayam jantan, karena ia membangunkan manusia untuk salat." (HR. Abu Daud, sanadnya dishahihkan oleh An-Nawawi dan Al-Albani)

Arti ayam berkokok tengah malam atau saat sepertiga malam menandakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala membangunkan kita untuk melaksanakan amalan-amalan di waktu tersebut, misal: salat malam, membaca Al Quran, zikir dan lain sebagainya.


wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)