5 Fakta Tamim Ad Dari, Sahabat Rasulullah yang Pernah Berjumpa dengan Dajjal

Kamis, 09 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
5 Fakta Tamim Ad Dari, Sahabat Rasulullah yang Pernah Berjumpa dengan Dajjal
Tamim Ad Dari merupakan sahabat Rasulullah SAW yang berasal dari Palestina dan dulunya seorang pendeta, beliau juga dikenal sebagai sahabat yang pernah bertemu dengan Dajjal di sebuah pulau misterius. Foto ilustrasi/ist
A A A
Tamim Ad Dari merupakan seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berasal dari Palestina. Tamim Ad Dari dulunya adalah seorang pendeta Nasrani yang masuk Islam setelah mendengar dakwah Rasulullah SAW di Madinah.

Beliau juga dikenal sebagai sahabat yang pernah bertemu dengan Dajjal di sebuah pulau misterius. Berikut adalah beberapa fakta tentang Tamim Ad Dari:

Lima Fakta Tamim Ad Dari yang Bertemu Dajjal:

1. Khatam Al-Quran Seminggu Sekali

Tamim Ad Dari adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal dengan keutamaannya dalam membaca Al-Quran. Beliau adalah orang pertama yang mengkhatamkan Al-Quran seminggu sekali.

Hal yang dilakukannya merupakan sesuai dengan anjuran Nabi SAW. Beliau juga dikenal sebagai orang yang paling banyak membaca Al-Quran di antara para sahabat.

2. Terombang-ambing di Laut

Pada saat melakukan perjalanan di laut, Tamim Ad Dari pernah mengalami pelayaran yang menakutkan bersama 30 orang dari kabilah Lakhm dan Judzam. Selama satu bulan lamanya, mereka terombang-ambing di atas gelombang lautan.

Keadaan tersebut membuat mereka ketakutan, namun semuanya berbeda ketika terdampar di sebuah pulau. Tidak seperti pulau biasa, pulau tersebut menyimpan banyak misteri.

3. Pernah Bertemu Binatang Besar

Sesampainya di pulau tersebut, mereka bertemu dengan seekor binatang besar yang berbulu lebat dan bisa berbicara. Binatang itu bernama al-Jassasah dan mengaku sebagai mata-mata Dajjal.

Ia menyuruh Tamim dan kawan-kawan untuk menemui Dajjal di sebuah biara. Mereka pun tidak menolaknya dan langsung bergegas menemui sosok yang ditujukan binatang itu.

4. Bertemu Dajjal

Di biara itu, mereka melihat seorang laki-laki yang sangat besar dan kuat yang terbelenggu dengan rantai besi. Laki-laki itu memiliki mata kiri yang buta dan di dahinya tertulis huruf kafir.

Laki-laki itu adalah Dajjal yang sedang menunggu saatnya untuk keluar. Setelah mereka bertemu, mereka pun langsung keluar dan meninggalkan tempat misterius itu.

5. Menceritakan Pengalamannya Kepada Nabi Muhammad SAW

Tamim Ad Dari menceritakan pengalamannya bertemu dengan Dajjal kepada Rasulullah SAW dan para sahabat. Rasulullah SAW membenarkan kisah Tamim dan mengatakan bahwa Dajjal akan muncul dari arah timur. Rasulullah SAW juga mengingatkan umatnya untuk berhati-hati dengan fitnah Dajjal.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)