Kumpulan Artikel: Sahabat Rasulullah

  • 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Allah SWT Masuk Surga
    Dunia Islam
    Kamis, 16 November 2023 - 17:13 WIB
    Ketika membicarakan para sahabat Nabi Muhammad SAW, kita mengenang sosok-sosok luar biasa yang memiliki tempat istimewa dalam sejarah Islam.
  • 5 Fakta Tamim Ad Dari, Sahabat Rasulullah yang Pernah Berjumpa dengan Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:30 WIB
    Tamim Ad Dari merupakan seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berasal dari Palestina. Tamim Ad Dari dulunya adalah seorang pendeta Nasrani yang masuk Islam setelah mendengar dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Abdullah Bin Salam, Sosok Sahabat Rasulullah yang Berasal dari Pemuka Yahudi di Madinah
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:04 WIB
    Abdullah Bin Salam merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang berasal dari kalangan Yahudi. Awalnya nama sahabat Nabi itu adalah Al-Husain bin Salam, hingga akhirnya nama tersebut diganti oleh Rasulullah SAW.
  • Inilah Busur Panah Saad bin Abi Waqqash, Pemanah Terbaik dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:14 WIB
    Saad bin Abi Waqqash Malik Al-Qurashi Al-Zuhri radhiyallahu anhu dikenal sebagai orang pertama yang melesatkan panah di jalan Allah. Berikut penampakan panah Saad Abi Waqqash.
  • Kisah Sahabat Nabi Disandera Jin Saat Hendak Salat Isya
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:49 WIB
    Kisah sahabat Nabi disandera oleh Jin saat hendak pergi sholat Isya termasuk kisah unik yang sarat dengan hikmah. Kisah ini terjadi pada zaman Sayyidina Umar bin Khattab.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan Sombong Muawiyah bin Abu Sofyan
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • 3 Sahabat Nabi Terkemuka dari Kalangan Non Arab
    Hikmah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 16:50 WIB
    Sahabat Nabi adalah orang yang pernah berjumpa dengan Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (ash-shahabi) dalam keadaan beriman dan wafat dalam keadaan Islam.
  • Masih Adakah Umat Islam Tidak Mengenal Abu Hurairah? Begini Sosoknya
    Hikmah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 17:06 WIB
    Masih adakah umat Islam yang belum mengenal Abu Hurairah? Beliau adalah salah seorang sahabat Nabi yang sangat masyhur dan terkenal. Beliau penghafal hadis terbanyak selain Istri Nabi Shallalahu Alaihi wa Sallam, Aisyah binti Abu Bakar
  • Beginilah Kondisi Para Sahabat setelah Berakhirnya Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 09:21 WIB
    Kita perlu meneladani generasi sahabat (salafush shalih), di mana hati mereka merasa sedih seiring berlalunya Ramadhan. Mereka merasa sedih karena khawatir bahwa amalan yang telah mereka kerjakan di bulan Ramadhan tidak diterima oleh Allah taala.
  • Kisah Thufail bin Amr, Pemimpin Kompi Mabrur dalam Pasukan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Jum'at, 29 April 2022 - 18:32 WIB
    Pada masa jahiliyah dia adalah kepala kabilah Daus. Dia termasuk pemimpin yang memiliki kharisma serta kewibawaan yang tinggi dan diperhitungkan orang. Periuknya tidak pernah turun dari tungku.
  • Kisah Umar Bin Khattab Kesal Atas Keputusan Rasulullah SAW Berunding dengan Kaum Kafir
    Hikmah
    Kamis, 28 April 2022 - 21:23 WIB
    Pembicaraan dilanjutkan antara kedua pihak untuk mengadakan perjanjian dan mencari perdamaian. Tetapi Umar tampaknya sudah kesal benar karena Nabi menyetujui pembicaraan demikian.
  • Beginilah Sikap dan Nasihat Umar bin Khattab kepada Kaum Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:50 WIB
    Umar bin Khattab adalah sosok dijuluki Al-Faruq, ia juga dikenal sebagai singa padang pasir, karena begitu disegani dan ditakuti oleh musuh-musuhnya.Namun, sahabat Rasulullah ini merupakan pribadi yang lemah lembut terhadap istri dan kaum perempuan.
  • Kisah Saad Bin Abi Waqqash Tinggalkan Warisan 250.000 Dirham
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 05:07 WIB
    Diceritakan, sahabat Nabi bernama Saad Bin Abi Waqqash radhiyallahu anhu saat wafatnya meninggalkan harta warisan sebanyak 250.000 Dirham (Al-Bidayah wan Nihayah).
  • Kisah Nabi Muhammad (2): Ketika Abu Bakar Menaruh Cinta yang Tak Biasa
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 14:03 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terpuji yang menempati posisi puncak dalam derajat sosial, keluhuran budi dan kebaikan. Begini kecintaan sahabat kepada beliau.
  • Ngerinya Dosa Mengumbar Aib Orang Lain
    Muslimah
    Senin, 06 September 2021 - 08:38 WIB
    Mengumbar aib diri sendiri atau orang lain di media sosial (medsos) makin marak terjadi di kalangan masyarakat. Betapa mengerikannya kondisi seperti ini. Lalu bagaimana syariat memandang hal tersebut?
  • Sahabat Rasulullah Sangat Mulianya Akhlak Tawadhunya,  Ini Dialognya
    Hikmah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 13:35 WIB
    Pada zaman Nabi SAW dan sahabat, terkenal dengan sebutan generasi emas atau zaman keemasan umat islam. Bukan zamannya yang emas, tetapi orang-orangnyalah yang mempunyai akhlak berhati emas.