Kewajiban Mencintai Nabi Muhammad SAW Melebihi Cinta pada Diri Sendiri

Minggu, 26 November 2023 - 18:10 WIB
loading...
Kewajiban Mencintai Nabi Muhammad SAW Melebihi Cinta pada Diri Sendiri
Mencintai Nabi Muhammad SAW melebihi cinta pada diri sendiri merupakan tanda kesempurnaan iman. Foto/SINDOnews
A A A
Mencintai Nabi Muhammad ﷺ melebihi cinta pada diri sendiri merupakan kewajiban setiap muslim dan termasuk tanda kesempurnaan iman. Allah befirman dalam Al-Qur'an yang artinya: "Barangsiapa mentaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah." (Surat An-Nisa Ayat 80)

Dalam ayat lain dijelaskan bahwa siapa yang mengikuti dan mencintai Nabi Muhammad ﷺ, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Sebagaimana firman-Nya berikut:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: "Katakanlah (Muhammad): 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosamu'. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Ali-'Imranyat 31)

Mencintai Nabi ﷺ Tanda Kesempurnaan Iman
Dalam satu Hadis yang masyhur disebutkan bahwa tanda kesempurnaan imam seseorang, ia menempatkan Rasulullah sebagai orang yang dicintainya melebihi seluruh manusia termasuk dirinya sendiri.

Rasulullah ﷺ bersabda:

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ رواه البخاري

Artinya: "Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sehingga menjadikan aku lebih ia cintai dari orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia." (HR Al-Bukhari)

Menurut Al-Habib Ali Al-Jufri, makna mencintai Rasulullah ﷺ‎ melebihi cinta pada diri sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. "Kamu mencintai Rasulullah ﷺ‎ melebihi cinta pada diri sendiri itu boleh dilihat dengan bagaimana kamu mentaatinya. Ketika ada keinginan dari dalam dirimu untuk meninggalkan sunnah beliau ﷺ‎, tapi kamu berhasil menghalau nafsu peribadimu, karena sadar bahwa apa yang beliau ﷺ‎ lakukan adalah hal yang agung dan diridhai Allah ﷻ, itulah maknanya mencintai beliau ﷺ‎ melebihi cinta pada diri sendiri," kata Habib Ali Al-Jufri.

Artinya, engkau mengesampingkan keinginan diri sendiri dan mengutamakan apa yang beliau ﷺ‎ inginkan untuk kamu lakukan.

Mencintai Rasulullah ﷺ‎ bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut, yaitu:
1. Mengikuti ajaran yang dibawanya.
2. Mengamalkan sunnahnya.
3. Meneladani akhlaknya.
4. Merindukan sosoknya.
5. Memperbanyak sholawat kepadanya.
6. Menjauhi segala larangannya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)