Tanda Akhir Zaman, Manusia Tak Peduli Lagi dari Mana Mendapatkan Harta

Sabtu, 02 Desember 2023 - 19:18 WIB
loading...
Tanda Akhir Zaman, Manusia Tak Peduli Lagi dari Mana Mendapatkan Harta
Saat ini merupakan zaman ketandusan rohani dan zaman di mana materialisme dibanggakan oleh manusia. Foto/ist
A A A
Di antara tanda dekatnya Hari Kiamat adalah masa di mana orang-orang tidak lagi peduli dari mana ia mendapatkan harta. Apakah dari jalan halal atau haram. Bisa jadi inilah akhir zaman yang disampaikan oleh Rasulullah ﷺ dalam Nubuwahnya.

Ustaz Abu Ali Al-banjari An-Nadwi (Ahmad Fahmi Zamzam) juga memasukkan Hadis ini dalam bukunya "40 Hadits Peristiwa Akhir Zaman". Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ, أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

Artinya: "Akan datang suatu masa, orang-orang sudah sudah tidak peduli lagi darimana ia mendapatkan harta, apakah dari jalan (sumber) yang halal ataupun haram." (HR Al-Bukhari, An-Nasa'i)

Zaman Materialisme
Setelah wafatnya Nabi Muhammad ﷺ pada 14 abad lebih lalu, zaman mulai mengalami banyak fitnah (ujian). Mulai dari peperangan, munculnya materialisme dan berlomba-lomba dalam kemewahan. Zaman sekarang merupakan zaman ketandusan rohani dan zaman di mana materialisme dibanggakan oleh manusia.

Segala sesuatu dinilai dengan harta. Manusia berlomba-lomba memperoleh harta kekayaan dan tidak mempedulikan dari mana datangnya harta yang didapat, apakah dari sumber yang halal atau dari sumber yang haram. Yang penting, harta dapat dikumpulkan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kehendak nafsu.

Harta Riba Menjamur
Tanda-tanda kecil Kiamat juga disebutkan bahwa akan datang masa di mana riba akan menjamur. Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: "Akan tiba suatu masa, tidak ada seorang pun kecuali ia terlibat dalam memakan harta riba. Kalau ia tidak memakannya secara langsung, ia akan terkena debunya." (HR Ibnu Majah)

Kandungan sabda Rasulullah ini jelas terjadi di hadapan mata kita pada hari ini. Riba merupakan suatu hal yang diharamkan oleh Allah lantaran dapat membawa kerugian bagi umat manusia. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman: "Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba." (QS. Al-Baqarah Ayat 275)

Itulah di antaranya tanda-tanda akhir zaman yang harus diwaspadai umat Islam. Hendaknya kaum muslim memgambil pelajaran dari Nubuwah Nabi di atas agar memperbanyak amal saleh dan menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan Allah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)