Tadabbur Al-Anfal Ayat 29: Janji Allah kepada Orang yang Bertakwa

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:58 WIB
loading...
Tadabbur Al-Anfal Ayat 29: Janji Allah kepada Orang yang Bertakwa
Salah satu janji Allah kepada mereka yang bertakwa akan diberikan karunia Al-Furqan yaitu kemampuan membedakan antara yang hak (benar) dan batil (salah). Foto/ist
A A A
Sungguh beruntung mereka yang bertakwa yaitu orang yang taat dan selalu memelihara perintah Allah baik dalam kesendirian maupun di tengah keramaian. Allah menjanjikan kepada mereka berupa karunia dan nikmat sebagaimana disebutkan dalam Kitab suci Al-Qur'an.

Berikut janji Allah kepada orang yang bertakwa dalam Tadabbur Surat Al-Anfal ayat 29. Allah berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ تَتَّقُوا اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّـكُمۡ فُرۡقَانًا وَّيُكَفِّرۡ عَنۡكُمۡ سَيِّاٰتِكُمۡ وَيَغۡفِرۡ لَـكُمۡ‌ؕ وَ اللّٰهُ ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِيۡمِ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan Al-Furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu dan menghapus segala kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Allah memiliki karunia yang besar." (QS. Al-Anfal Ayat 29)

Takwa yang dimaksud adalah memelihara diri dengan melaksanakan apa yang ditetapkan Allah berdasar hukum-hukum-Nya dan menjauhi segala macam larangan-Nya. Baik di saat sendiri maupun di tengah orang banyak.

1. Mendapatkan Al-Furqan
Orang-orang yang bertakwa akan mendapatkan karunia Allah berupa Al-Furqan yaitu kemampuan membedakan antara yang hak (benar) dan batil (salah). Artinya, muslim yang bertakwa kepada Allah akan mendapatkan petunjuk sehingga dapat membedakan antara yang hak dengan yang batil. Petunjuk itu merupakan penolong bagi mereka di kala kesusahan dan sebagai pelita ketika menghadapi kegelapan.

2. Dosa dan Kesalahannya Dihapus dan Diampuni Allah
Janji Allah berikutnya kepada orang orang yang bertakwa yaitu dihapus segala kesalahannya dan diampuni dosa-dosanya. Allah menjanjikan kepada mereka akan menghapus segala kesalahan dan mengampuni dosa-dosa mereka dengan menutupinya di dunia dan akhirat Orang-orang yang mendapat pengampunan Allah berarti ia hidup bahagia. Hal yang demikian ini dapat mereka capai karena karunia Allah semata.

Dalam ayat lain, Allah berfirman: Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya (Muhammad), niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan cahaya untukmu yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan serta Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS Al-Hadid Ayat 28)

Wallahu A'lam

Baca Juga: 10 Ganjaran Bagi Orang yang Bertakwa
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)