3 Alasan Mengapa Masjid Al Aqsa Harus Direbut Umat Islam

Kamis, 14 Desember 2023 - 08:22 WIB
loading...
3 Alasan Mengapa Masjid Al Aqsa Harus Direbut Umat Islam
Masjid Al Aqsa di Kota Yerusalem Palestina. Foto istimewa
A A A
Mengapa umat Islam harus merebut dan membebaskan Masjid Al Aqsa di Yerussalem Palestina? Ada 3 alasan yang dikemukakan ulama asal Palestina, Syekh Emad Yousef Musa Abu Hatab.

Menurut ulama yang pernah datang ke Indonesia itu, alasan pertama di Masjidil Aqsa , terdapat batu di dalam kubah di mana Nabi Muhammad dimirajkankesidratul mutahalangit ketujuh. Di masjid itu juga Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam pernah menunaikan salat dengan seluruh nabi dan rasul yang pernah diutus ke muka bumi.

"Tidak ada satu nabi pun yang tidak ikut salat bersama Rasulullah SAW. Di sana Rasul memimpin salat dari 125 ribu nabi dan rasul Allah," katanya.

Ia menjelaskan, peristiwa itu sebagai tanda Nabi Muhammad adalah pemimpin terakhir manusia di muka bumi. Dan, itu menjadi petanda isyarat bahwa Al Aqsa adalah milik umat Islam yang harus dijaga.

Syekh Emad mengatakan, Nabi Muhammad pun menyebut tanah Palestina adalah tanah yang paling banyak diinjak oleh para nabi.

"Dan masjid ini adalah yang diwariskan oleh Rasulullah SAW. Bukan saja Al Aqsa, tapi tanah Palestina. Yang bisa dikatakan sebagai kantung nabi. Karena tanah ini adalah tanah yang paling sering diinjak oleh para nabi. Tidak ada satu kampung yang tidak terdaftar sebagai kuburan para nabi yang diutus oleh Allah SWT," jelasnya.

Alasan kedua, Masjid Al-Aqsa pernah menjadi kiblat umat Islam lebih dari 14 tahun oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Sebelum Allah kembali memindahkan kiblat menghadap Masjidil Haram.

Dan ketiga, Masjidil Aqsa adalah satu dari tiga masjid yang Rasulullah SAW menganjurkan umat islam agar berusaha datang mengunjunginya. Umat Islam tidak dianjurkan susah payah mengorbankan harta, waktu, tenaga kita kecuali tiga tempat yakni Masjidil Haram, Masjidil Nabawi, Masjidil Aqsa.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa, satu kali salat di masjid al Aqsa sama seperti 500 kali salat. "Dalam Al Qur'an. Tidak kurang dari lima kali Allah SWT menyebutkan tanah yang disucikan. Seperti yang dimaksud adalah tanah Palestina," papar Syekh Emad.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)