Genosida Israel: Sinyal Runtuhnya Kekuasaan Presiden Mesir Al-Sisi

Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:08 WIB
loading...
Genosida Israel: Sinyal Runtuhnya Kekuasaan Presiden Mesir Al-Sisi
Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi. Foto/Ilustrasi: Welt.de
A A A
Presiden Mesir Abdul Fattah as-Sisi kini menghadapi dilema yang terkait genosida Israel atas warga Palestina di Gaza. Sekitar 90%penduduk Gaza – 1,9 juta warga Palestina menjadi pengungsi internal akibat serangan Israel . Sekitar satu juta dari mereka, kini tinggal di Rafah yang kecil, tempat mereka hidup dalam kondisi kumuh akibat pemboman Israel.

Israel memberi dua pilihan bagi warga Palestina: mati dipanggang api bom-bom Zionis atau melarikan diri ke Mesir.

Mantan analis senior Timur Tengah di CIA, Usher, kepada Middle East Eye atau MEE mengatakan gelombang besar warga Palestina yang melintasi perbatasan adalah skenario yang dapat menyebabkan runtuhnya rezim Sisi, yang sudah berada di bawah tekanan krisis ekonomi yang parah dan upaya untuk mengelola krisis ekonomi.

Sedangkan direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara Chatham House, Sanam Vakil, mengatakan bahwa krisis di Rafah akan mengakibatkan “efek bumerang” pada pemerintah Israel “karena itu adalah garis merah kolektif dari dunia Arab serta pemerintahan Biden.”

Bahan Peledak di Gaza

Salah satu tindakan pertama Presiden Abdel Fattah el-Sisi setelah berkuasa adalah meningkatkan keamanan di perbatasan.

Dia membangun tembok logam besar dengan pagar tinggi dan menghancurkan lebih dari 3.000 terowongan menuju daerah kantong tersebut.

Sejak perang meletus, ia telah menempatkan perbatasan di bawah kendali yang lebih ketat, membangun penghalang pasir dan mengerahkan pasukan dan tank tambahan.

Mesir telah setuju untuk hanya mengizinkan warga berkewarganegaraan ganda dan sedikit orang yang terluka dari Rafah. Pada 13 Desember, 268 warga negara ganda dievakuasi melalui penyeberangan. Ada tanda-tanda bahwa mereka yang memiliki kemampuan sangat ingin melarikan diri.

Standar suap yang dibayarkan warga Palestina di Gaza untuk melintasi perbatasan telah meningkat dua atau tiga kali lipat dalam beberapa kasus menjadi US$5.000 per orang.

Meskipun perbatasan saat ini lebih kuat, Mohannad Sabry, pakar Sinai di departemen studi pertahanan King’s College London, mengatakan penyeberangan fisik Rafah bukanlah tandingan ribuan warga Palestina yang mencoba menyerbunya.

Perbatasan Mesir-Gaza telah dilanggar sebelumnya. Pada tahun 2008, Hamas merobohkan hubungan mereka dengan Mesir dan mengizinkan ratusan ribu warga Palestina berbondong-bondong masuk ke Sinai sebagai bentuk perlawanan terhadap pengepungan Israel di daerah kantong tersebut.

Meskipun Hamas sebagian besar telah menghilang, fakta bahwa Hamas atau pihak lain di Gaza tidak mengulangi tindakan yang sama pada tahun 2008 telah membuat beberapa ahli menilai bahwa kelompok tersebut masih bekerja sama dengan Mesir dalam bidang keamanan untuk mencegah situasi yang memalukan di Kairo.

“Ada banyak bahan peledak di Gaza. Fakta bahwa tidak ada pihak yang melakukan tindakan apa pun di tembok perbatasan membuat kemungkinan ada kesepakatan yang dilanggar,” kata seorang mantan pejabat senior AS kepada MEE, yang berbicara tanpa menyebut nama saat membahas topik sensitif tersebut.

Sabry mengatakan jika perbatasan dilanggar, jumlah warga Palestina yang masuk ke Sinai akan menjadi 'longsoran salju'. “Pada tahun 2008, setidaknya 750.000 orang datang ke Gaza. Kali ini terjadi kelaparan dan api neraka yang menghujani Gaza,” ujarnya.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)