Antropolog Ini Sebut Politisi Anti-Islam Geert Wilders Mirip dengan Zombie

Senin, 18 Desember 2023 - 10:28 WIB
loading...
Antropolog Ini Sebut Politisi Anti-Islam Geert Wilders Mirip dengan Zombie
Geert Wilders. Foto/Ilustrasi; MEE
A A A
"Eropa tidak bisa dipertahankan,” kata penyair Martinik, Aime Cesaire, sebagaimana dikutip Sinan Çankaya, antropolog budaya. Martinik juga menulis: “Peradaban yang menggunakan prinsip-prinsipnya untuk melakukan tipu daya dan kebohongan adalah peradaban yang sedang sekarat.”

Saat ini, negara Eropa lainnya telah bangkrut secara moral, ketika Partai Kebebasan (PVV), yang dipimpin oleh populis Belanda Geert Wilders, memenangkan pemilihan umum terbaru. Partai anti-Islam yang dipimpinnya dikenal karena janjinya untuk melarang kewarganegaraan ganda, jilbab dan Al-Quran , dan juga bertujuan untuk menolak semua permohonan suaka baru.

PVV memenangkan 37 kursi dari 150 kursi pada pemilu bulan lalu, sebuah kemenangan telak.



"Ini mungkin tidak memberikan banyak kepastian, tetapi sosok Wilders mirip dengan zombie yang muncul dan menyerang yang Lain saat Benua Eropa membusuk," tulis Sinan Çankaya dalam artikelnya berjudul "The rise of Geert Wilders: How European racism dehumanises Palestinians" yang dilansir Middle East Eye atau MEE, 11 Desember lalu.

Menurutnya, Eropa hampir tidak dapat mempertahankan diri melalui politik kematian di Laut Mediterania dan Palestina, dan ini adalah beberapa contohnya.

Apakah ada kelegaan jika sosok Wilders muncul dalam wujud berbeda di tempat lain, seperti Viktor Orban dari Hongaria atau Giorgia Meloni dari Italia? "Mungkin tidak," jawabnya.

Namun, kita tidak bisa terpaku pada sosok Wilders sebagai personifikasi kejahatan yang mudah dipahami dan terlalu sederhana. Memang benar, ia memperluas wacana yang “dapat diterima”, mengarahkan kita ke arah ujaran kebencian dan proposisi anti-demokrasi.

Namun penekanan yang berlebihan pada angka-angka tersebut merupakan tipuan yang menipu: "Politik Belanda telah lama terjerumus ke dalam jurang yang dalam dan menyeret kita ke dalamnya. Selama berpuluh-puluh tahun, kelompok sayap kanan tengah dan kelompok liberal telah melemahkan supremasi hukum, mengikis institusi-institusi yang mereka yakini harus mereka junjung," tambahnya.



Di seluruh Eropa, katanya lagi, kaum liberal yang tidak liberal telah mengadopsi retorika anti-imigrasi, yang seolah-olah bertujuan untuk membendung kelompok sayap kanan, namun pada kenyataannya, menormalisasi kebencian dan meremehkan hak asasi manusia. Jauh di lubuk hati, kaum liberal yang tidak liberal tahu kehidupan mana yang mereka rasa layak dipertahankan, dan kehidupan mana yang bisa dihancurkan.

Rasisme yang Mengakar

Banyak di antara mereka yang terlibat, termasuk jurnalis parlemen Belanda yang terkikik tentang kejenakaan Wilders, dan dengan penuh kasih sayang menjulukinya “Geert Milder” karena ia tampaknya menyangkal beberapa ide ekstremisnya.

Demikian pula, dalam beberapa minggu terakhir, para pengunjuk rasa yang menyerukan hak asasi manusia dan gencatan senjata segera di Gaza telah dijebak oleh para jurnalis dan kolumnis sebagai orang-orang yang mendukung Hamas, yang diklasifikasikan sebagai organisasi teroris di Inggris dan negara-negara lain.

Para intelektual Belanda tetap bungkam mengenai pembersihan etnis yang dilakukan Israel, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 18.000 warga Palestina, dan tersandung pada slogan “dari sungai ke laut”.



Keberhasilan Wilders dapat dipahami sebagai sebuah protes: masyarakat merasa tidak didengarkan, bergulat dengan krisis dan dihantui oleh gejolak ekonomi. "Ini adalah kekhawatiran politik yang sah. Namun hanya sedikit analisis di Belanda yang mengakui rasisme mengakar yang kini sedang dimobilisasi," ujar Çankaya yang saat ini bekerja sebagai asisten profesor di Vrije Universiteit Amsterdam.

Justru sebaliknya, kita telah melihat rincian motivasi para pemilih PVV yang sangat mencengangkan. Para konstituennya digambarkan mendukung prinsip-prinsip ekonomi partai tersebut, yang dibesar-besarkan sebagai partai yang “berhaluan kiri”, namun bertentangan dengan landasan rasialnya.

Pemisahan yang tidak masuk akal ini hanya berfungsi untuk menormalkan rasisme dan Islamofobia – namun hal ini diulangi secara tidak masuk akal.

Çankaya menyebut, dalam bukunya "Returning to Reims", sosiolog Prancis Didier Eribon lebih blak-blakan. Selama bertahun-tahun, orang tuanya, yang merupakan bagian dari kelas pekerja Prancis, mengalihkan dukungan mereka dari Partai Komunis ke Front Nasional sayap kanan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2688 seconds (0.1#10.140)