3 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orangtua, Apa Saja?

Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
loading...
3 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orangtua, Apa Saja?
Anak yang baik dan saleh akan menjadi tabungan amal di akhirat. Ada tiga hak anak yang wajib ditunaikan oleh orangtua. Foto ilustrasi/dok annajah
A A A
Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas). Syariat juga memberikan perhatian besar terhadap pembentukan keluarga yang diridhai Allah Ta'ala.

Dalam Islam , anak adalah anugerah yang tak ternilai dan merupakan titipan Allah kepada orangtua. Anak yang baik dan saleh akan menjadi tabungan amal di akhirat. Ada tiga hak anak yang wajib dipenuhi oleh orangtua. (Baca: Anak Adalah Amanah, Inilah Nasihat untuk Para Ibu )

Ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Hak anak yang harus dilaksanakan oleh orangtua ada tiga yaitu:
1. Memilihkan nama yang baik ketika lahir.
2. Mengajarinya kitabullah (memberi pendidikan agama).
3. Menikahkannya apabila telah dewasa (agar tidak tergelincir kepada zina)".

Imam Abu Laits menceritaka kisah seseorang yang mengadu kepada Sayyidina Umar bin Khattab RA berkata: "Putraku ini durhaka kepadaku." Maka Umar berkata kepada anak lelaki itu: "Apakah kau tidak takut kepada Allah? Engkau telah berbuat durhaka terhadap ayahmu, engkau tahu kewajipan anak untuk orang tuanya (begini dan begitu)".

Lalu anak itu bertanya: "Ya Amirul Mukminin, apakah anak itu tidak berhak terhadap ayahnya?" Jawab Umar: "Ada hak yakni harus memilihkan ibu yang bangsawan, jangan sampai tercela kerana ibunya, harus memberi nama yang baik, harus mengajari kitabullah".

Maka berkata anak itu: "Demi Allah, dia tidak memilihkan untukku ibuku, dia membeli budak wanita dengan harga 400 dirham dan itu ibuku. Dia tidak memberi nama yang baik untukku, saya dinamai "kelelawar jantan" dan saya tidak diajari kitab Allah walau satu ayat". Maka Umar menoleh kepada ayahnya dan berkata: "Engkau telah durhaka kepada anakmu sebelum ia durhaka kepadamu. Pergilah engkau dari sini". ( )

Asysya'bi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Allah akan merahmati kepada ayah yang membantu anaknya untuk berbakti taat kepadanya, yakni tidak menyuruh sesuatu yang dikhatiri anak itu tidak dapat melaksanakannya".

Al-Fudhail bin Iyadh berkata: "Orang yang sempurna kemanusiaannya yaitu yang taat kepada kedua ayah ibunya. Menghubungi kerabatnya dan hormat pada kawan-kawannya dan baik budinya kepada keluarga serta pelayan-pelayannya. Menjaga agamanya dan memperbaiki harta kekayaannya dan menyedekahkan kelebihan hartanya dan memelihara lidahnya dan tetap tinggal di rumahnya (yakni tekun dalam ibadah kepada Tuhannya) dan amal pekerjaannya dan tidak berkumpul dengan orang-orang yang suka membicarakan hal orang lain".

Rasulullah SAW juga bersabda, "Empat macam yang menjadi kebahagiaan seseorang yaitu istri yang shalihah, anak-anaknya taat, kawan-kawannya orang-orang yang saleh dan penghasilan rezekinya di dalam negerinya". ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)