Murottal Surat Yasin 83 Ayat, Suara Merdu dan Menenangkan

Jum'at, 09 Februari 2024 - 10:02 WIB
loading...
Murottal Surat Yasin 83 Ayat, Suara Merdu dan Menenangkan
Surah Yasin dianggap sebagai inti dari Al-Quran, yang memiliki banyak keutamaan dan faedahnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Umat Islam di Indonesia telah lama mengenal bacaan Yasin Fadilah , yang sering dibacakan dalam berbagai acara seperti selamatan, upacara kematian, ritual keagamaan, atau bahkan dalam pengajian rutin setiap malam Jumat di berbagai tempat.

Klik untuk mendengarkan https://kalam.sindonews.com/surah/36/yasin

Menurut buku yang berjudul 'Surah Yasin' karya Syekh Fadhlalla, surah Yasin dianggap sebagai inti dari Al-Quran. Buku tersebut menjelaskan bahwa manusia yang memahami makna kehidupan akan menyadari bahwa kematian adalah suatu kepastian, karena manusia berasal dari dimensi non-fisik dan akan kembali ke dimensi tersebut. Namun, apa saja manfaat dari membaca Yasin Fadilah bagi umat Muslim? Berikut adalah penjelasannya:

1. Mendapat Pahala Seperti Membaca Al-Quran

Membaca Surah Yasin akan mendatangkan kebaikan yang setara dengan membaca Al-Quran sebanyak 10 kali. Sebuah hadis menyebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, "Orang yang membaca Surah Yasin sekali akan mendapatkan pahala seperti membaca Al-Quran 10 kali" (HR. Ad-Darimy dan Turmudzi).

2. Dapat Ampunan dari Allah SWT

Salah satu manfaat membaca Surah Yasin adalah mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, "Orang yang membaca Surah Yasin pada malam hari dengan niat ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah, maka Allah akan mengampuninya pada malam itu" (HR. Abu Hurairah).

3. Mendapat Kebahagiaan Sepanjang Hari

Membaca Surah Yasin pada pagi dan malam hari dapat membawa kebahagiaan sepanjang hari. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, "Orang yang membaca Surah Yasin ketika pagi hari akan diberi kebahagiaan hingga sore hari, dan orang yang membacanya pada malam hari akan diberi kebahagiaan hingga pagi hari" (HR. Ad-Daarimi).

4. Meringankan Siksa Kubur

Berdasarkan kitab Rouh al Bayan, membaca Surah Yasin saat berada di area pemakaman dapat meringankan siksa kubur seseorang.

5. Doa Dikabulkan

Membaca Surah Yasin dapat membuat doa seseorang dikabulkan oleh Allah. Ada anjuran untuk berhenti membaca Surah Yasin pada ayat ke-13 dan berdoa kepada Allah, menurut keterangan dari Abi Bakar ash-Shiddiq dan Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu (Kitab Abwab Al-Faraj).

Demikianlah lima manfaat dari membaca Yasin Fadilah yang dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat! (MG/Khusniah)

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)