Mitrovica: Amerika Sebenarnya Telah Berubah Menjadi Wakil Israel

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:49 WIB
loading...
Mitrovica: Amerika Sebenarnya Telah Berubah Menjadi Wakil Israel
Duka di tengah jenazah korban serangan Israel. Foto/Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Berikut ini adalah penuturan Andrew Mitrovica. Dia adalah kolumnis Al Jazeera yang tinggal di Toronto. "Pada awalnya saya berharap dugaan saya salah. Tapi ternyata aku benar," ujarnya mengawali artikelnya.

Berikut selengkapnya artikel Andrew Mitrovica berjudul "In Gaza, hope is a fantasy" yang dilansir Aljazeera 12 Februari 2024:

Sejak awal Oktober, saya yakin bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu selama ini mempunyai satu tujuan: melenyapkan Gaza .

Didorong oleh kabinet fanatik yang percaya bahwa orang-orang Palestina adalah “hama” yang tidak berharga, Netanyahu telah melakukan apa yang saya duga selalu ingin ia lakukan: membuang penghancuran yang terus menerus terhadap suatu bangsa dan sebidang tanah, dan sebaliknya, merekayasa genosida di negara tersebut. Gaza dengan efisiensi yang kejam dan sangat memuaskan.



Saat ini, fakta ini seharusnya sudah jelas. Ini adalah “kemenangan” yang dimiliki dan akan terus dikejar Netanyahu sampai ia mencapainya – untuk mengubah Gaza menjadi debu dan kenangan selamanya.

Tidak akan ada “jeda dalam pertempuran”. Tidak ada gencatan senjata yang “langgeng”. Tidak ada gencatan senjata. Tidak ada akhir dari genosida karena Netanyahu tidak punya alasan atau insentif untuk berhenti.

Dan Netanyahu tahu bahwa tidak ada seorang pun di dalam atau di luar Israel yang siap, bersedia atau mampu menghentikannya.

Harapan Telah Padam

Setiap hari, harapan warga Palestina, sia-sia, bahwa kengerian dan kemarahan akan berakhir. Setiap hari, kita berharap, dengan sia-sia, akan adanya tanda samar bahwa kegilaan pembunuhan ini akan berakhir, bahwa logika dan diplomasi akan menang, bahwa para tawanan – dari kedua belah pihak – akan dipertemukan kembali dengan keluarga mereka yang sakit.

Harapan adalah sebuah khayalan, yang dihilangkan oleh manusia dan kekuatan yang berusaha menciptakan kekacauan dan keputusasaan dalam “kemarahan mereka yang mematikan”.

Netanyahu mungkin tidak populer. Namun, apa yang dia lakukan dan bagaimana dia akan melakukan hal tersebut yang bertentangan dengan skala proporsional, kesusilaan, dan hukum internasional mendapat dukungan besar dari warga Israel yang, tampaknya, juga akan puas melihat Gaza menjadi debu dan kenangan – secara permanen.



Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar warga Israel ingin Netanyahu menggunakan lebih banyak kekuatan, lebih banyak “senjata” di Gaza dan sekitarnya. Kesopanan yang sangat buruk, hukum internasional, dan jumlah korban yang terus bertambah dari hari ke hari yang mengerikan.

Kepedihan dan penderitaan warga Palestina tidak relevan. Hak dan kewajiban Israel untuk membela diri adalah satu-satunya hal yang penting.

Maka tidak mengherankan jika jajak pendapat juga menunjukkan bahwa meskipun kelaparan, penyakit, dan kebutuhan mendesak merajalela, sebagian besar warga Israel ingin sesama warga Israel terus menghalangi truk yang membawa makanan, air, dan obat-obatan untuk mencapai Gaza hingga para tawanan yang ditahan Hamas dibebaskan.

Rakyat Palestina bisa disingkirkan. Orang Israel tidak.

Mengenai “masa depan” Gaza, 93 persen warga Israel dilaporkan setuju dengan Netanyahu: Solusi dua negara sudah tidak ada lagi karena seluruh wilayah antara Laut Mediterania dan Sungai Yordan adalah milik mereka. Tujuannya adalah agar pemukim Israel menggantikan warga Palestina di Gaza. Nakba lainnya sedang berlangsung – secara harfiah.

Saya yakin sebagian besar konfederasi Israel di luar negeri – baik mereka mengakuinya secara terbuka atau tidak – juga menganut keyakinan mengerikan ini dan dengan sepenuh hati menganut modus operandi dan definisi “kemenangan” Netanyahu.



Jadi, bukannya “rusak” atau “dilemahkan”, Netanyahu malah diberi keberanian sebagai perdana menteri “masa perang” dan oleh “komunitas internasional” yang mendorongnya untuk melakukan apa yang telah dia lakukan di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki tanpa penyesalan atau pengekangan.

Netanyahu akan bertahan sebagai perdana menteri selama Israel terus melakukan apa yang dilakukannya di Gaza dan mungkin lebih lama lagi. Sebagai seorang Machiavellian yang penuh perhitungan, ia menolak prediksi akan kehancuran politiknya atau pemaksaan keluar dari jabatannya oleh para kolumnis, “pakar”, dan mantan calon presiden yang hanya angan-angan.

Berulang kali, “komunitas internasional” mengatakan mereka “prihatin” dengan apa yang dilakukan orang-orang mereka di Tel Aviv di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki. Berkali-kali, ungkapan “keprihatinan” ini terbukti hanya sekadar omong kosong belaka.

Sebagai isyarat yang dapat dipercaya, Presiden AS Joe Biden menggambarkan apa yang dilakukan Israel di Gaza sebagai sesuatu yang “berlebihan”.

“Saya telah berusaha sangat keras, untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Ada banyak orang tidak bersalah yang kelaparan, banyak orang tidak bersalah yang berada dalam kesulitan dan sekarat, dan hal ini harus dihentikan. Nomor satu,” kata Biden.

Itu tidak akan berhenti. Bagaimana hal ini bisa berhenti ketika Biden dan sekutu-sekutunya yang terlibat di London, Paris, Berlin, dan Ottawa terus mempersenjatai Israel dan menolak – bahkan di tengah serangan gencar Israel yang “berlebihan” dan bencana kemanusiaan yang semakin parah di Gaza – untuk melakukan hal yang sama. menuntut gencatan senjata segera?



Bencana ini terjadi ketika Biden dan presiden lainnya, kanselir, dan perdana menteri bergegas ke Tel Aviv dalam ziarah “solidaritas” untuk “berdiri teguh” di sisi Netanyahu.

Sudah terlambat untuk menerapkan penghentian sementara karena Netanyahu tidak mendengarkan.

Dia tidak mematuhi keputusan Mahkamah Internasional yang menyerukan pemerintah Israel untuk menghentikan apa yang dilakukannya di Gaza setelah para pengacara dan diplomat Afrika Selatan mengajukan argumen yang persuasif dan “masuk akal” bahwa warga Palestina adalah korban genosida dan Israel adalah pelakunya.

Rafah berada di garis bidik Netanyahu. Negara-negara yang disebut sebagai “tempat berlindung yang aman” dan lebih dari satu juta warga Palestina yang mengungsi di tenda-tenda dan “rumah” sementara akan menanggung konsekuensi mematikan yang tak terhindarkan dari dukungan tanpa syarat negara-negara besar Barat terhadap Israel.

Warga Palestina yang kelelahan dan ketakutan, termasuk para ibu, istri, dan putra-putri mereka, tidak akan luput dari kemarahan Israel. Kehidupan mereka yang sudah genting bergantung pada rencana Netanyahu – untuk saat ini dan hanya untuk saat ini – yang tertunda.

Biden dkk mungkin mengklaim, setidaknya secara terbuka, untuk meminta Israel menghentikan pembantaian yang akan terjadi. Netanyahu tidak akan terpengaruh oleh “peringatan” mereka yang kosong dan disampaikan di belakang mimbar. Dialah yang menentukan dampak geopolitik, bukan Biden dkk.



Ketika Amerika sibuk dengan pertandingan sepak bola pada Minggu malam, Netanyahu memberikan gambaran teror yang akan datang kepada warga Palestina di Rafah – menembakkan peluru yang menewaskan dan mencabik-cabik puluhan anak-anak, perempuan dan laki-laki yang sedang tidur.

Akhirnya, Netanyahu yakin bahwa ia memahami nilai kesabaran. Biden terlihat dan terdengar seperti orang tua yang siap menjadi orang masa lalu – hilang, tidak penting, dan dilupakan.

Pemilihan presiden bulan November sudah dekat. Orang tua lain yang mengelak, Donald Trump, memiliki peluang lebih besar untuk kembali ke Ruang Oval.

Jika hal itu terjadi, Trump akan memberikan izin kepada Israel untuk melakukan genosida tanpa “reservasi” retoris pendahulunya yang tidak berarti.

Apa pun yang terjadi, Amerika sebenarnya telah berubah menjadi wakil Israel. Dinamikanya telah bergeser.

Israel akan memutuskan apa yang akan terjadi di Gaza hari ini dan besok dan Amerika akan memberi hormat dan membantu membayar kesenangan dalam melakukan perintah pemimpinnya – dengan senang hati, rela, dan antusias.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)