Israel akan Mendeportasi Secara Paksa Warga Palestina ke Mesir: Pembersihan Etnis?

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:05 WIB
loading...
A A A


“Operasi Israel semakin mendekati tempat penampungan yang padat penduduk. Kami khawatir akan terjadi hal terburuk jika rencana Israel tetap dilaksanakan.”

Dia menambahkan bahwa pekerja bantuan sekarang berisiko terputus dari penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir, yang merupakan satu-satunya jalur bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina yang terkepung.

Sementara itu, penyeberangan Kerem Shalom antara Israel dan Mesir telah ditutup untuk waktu yang lama selama perang.

“Kami sedang melihat skenario di mana pekerja bantuan terpaksa meninggalkan daerah yang sangat membutuhkan bantuan pada saat kritis ini,” kata Bayram.

Seorang juru bicara Bantuan Medis untuk Palestina, sebuah badan amal yang berbasis di Inggris yang menawarkan layanan medis di Gaza, mengatakan invasi darat akan menyebabkan “pembunuhan dan melukai lebih banyak warga sipil”.

“Hanya ada sedikit rumah sakit di Rafah dan mereka sudah kewalahan dengan banyaknya korban luka akibat pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel,” kata mereka kepada MEE.

“Tindakan internasional yang mendesak diperlukan untuk mencegah bencana terbaru yang dihadapi warga sipil dan layanan kesehatan di Gaza.”



Ketakutan Akan Nakba Kedua

Dengan tidak adanya lagi zona aman – terlepas dari klaim Netanyahu tentang wilayah aman di utara Gaza – warga Palestina khawatir bahwa pengungsian dari Rafah, titik paling selatan di wilayah kantong tersebut, dapat berupa pengusiran paksa ke provinsi Sinai, Mesir.

Warga Palestina dari Gaza sebelumnya mengatakan kepada MEE bahwa usulan untuk menciptakan koridor kemanusiaan antara Gaza dan Sinai di Mesir mirip dengan “Nakba kedua”, mengacu pada pengungsian massal 750.000 warga Palestina pada tahun 1948.

Dalam sebuah thread di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, konsultan hukum kemanusiaan Itay Epshtain berpendapat bahwa serangan Rafah bisa menjadi bagian dari rencana untuk “mendeportasi secara paksa” warga Palestina.

Dia merujuk pada laporan intelijen militer Israel pada bulan Oktober yang menguraikan empat tahap perang: mengosongkan Gaza utara untuk invasi darat; operasi darat dari utara ke selatan; membuka rute dari Rafah ke Mesir; dan terakhir, mendirikan kota tenda di Sinai utara untuk memukimkan kembali warga Palestina.

“Tahap 3 sedang dioperasionalkan saat ini, dan mungkin mengarah ke Tahap 4,” tulis Epshtain di X.



Para pejabat Mesir khawatir bahwa operasi darat akan memaksa warga Palestina menuju perbatasan dengan Mesir.

Rekaman yang diposting di media sosial pada akhir pekan menunjukkan pasukan keamanan Mesir memperkuat pagar yang memisahkan Mesir dan Jalur Gaza dengan kawat berduri. Reuters juga melaporkan pada hari Jumat bahwa Mesir telah mengerahkan 40 tank dan pengangkut personel lapis baja ke Rafah untuk meningkatkan keamanan di sekitar perbatasan.

Ben Imran dari Law for Palestine mengatakan: “Mesir bukanlah suatu pilihan. Memindahkan orang-orang ke Mesir adalah pembersihan etnis.”

Dia mengatakan bahwa jika Israel ingin menciptakan jalur yang aman bagi warga sipil, Israel perlu membuka penyeberangan Erez ke Israel.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5940 seconds (0.1#10.140)