Israel Tidak Akan Mampu Menghabisi Hamas

Senin, 19 Februari 2024 - 05:15 WIB
loading...
Israel Tidak Akan Mampu Menghabisi Hamas
Tentara Israel di jalur Gaza. Foto: MEE
A A A
Sebuah dokumen yang beredar dari para pemimpin militer Israel hingga pejabat pemerintah memperkirakan kaum Zionis itu takkan bisa menghabisi militer Hamas . Bahkan jika Hamas dibubarkan sebagai kekuatan militer, gerakan tersebut akan bertahan sebagai “kelompok teror dan kelompok gerilya”.

Demikian bunyi sebuah dokumen yang diedarkan dari para pemimpin militer Israel hingga pejabat pemerintah seperti dilaporkan Channel 12 Israel dan dikutip MEE.

Dokumen tersebut disusun oleh divisi penelitian tentara Israel dan menyatakan bahwa “dukungan otentik tetap ada” untuk Hamas di kalangan warga Gaza .

Dokumen tersebut juga memperingatkan bahwa “Gaza akan menjadi wilayah yang mengalami krisis parah”, mengingat kurangnya rencana untuk perang “sehari setelahnya”.



Dokumen tersebut dilaporkan disampaikan pada hari Senin kepada para politisi terkemuka di Israel setelah seminggu pembicaraan senior militer dan intelijen mengenai temuan tersebut.

Ilana Dayan, seorang jurnalis investigasi di lembaga penyiaran tersebut, mengatakan bahwa “intinya” dari dokumen tersebut adalah bahwa gerakan Hamas pasti akan selamat dari serangan Israel.

Laporan tersebut secara langsung bertentangan dengan tujuan yang dinyatakan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk memberantas semua aspek kelompok tersebut, yang telah diperingatkan oleh banyak negara sebagai tindakan yang tidak realistis.

Pada bulan November, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan bahwa Israel tidak akan mampu melenyapkan kelompok tersebut dan ideologinya.



“Apa yang telah kami pelajari melalui pengalaman kami sendiri, bahwa melalui militer dan cara-cara lain Anda benar-benar dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan kelompok teroris untuk mendapatkan sumber daya, untuk melatih para pejuang, untuk merekrut para pejuang, untuk merencanakan melakukan serangan,” kata Kirby dalam pidatonya. konferensi pers.

“Ini tidak berarti bahwa ideologi tersebut layu dan mati,” katanya, sebuah pernyataan yang diulanginya pada bulan Januari.

Lebih dari 28.000 warga Palestina tewas dan 68.395 orang terluka dalam serangan gencar Israel.

Laporan ini muncul ketika Israel mempersiapkan serangan darat di kota Rafah paling selatan di Gaza, tempat lebih dari setengah dari 2,3 juta penduduk Gaza mencari perlindungan.

Netanyahu mengatakan hanya masalah waktu sebelum Israel melancarkan invasi darat ke kota tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)