Koleksi Feshen yang Memberi Penghormatan kepada Warisan Arsitektur Arab Saudi

Senin, 19 Februari 2024 - 16:27 WIB
loading...
Koleksi Feshen yang Memberi Penghormatan kepada Warisan Arsitektur Arab Saudi
Koleksi fesyen karya desainer Saudi, Makram Marzuki, dipamerkan di Zainal House. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Koleksi fesyen karya desainer Arab Saudi , Makram Marzuki, dipamerkan di Zainal House di distrik bersejarah Al-Balad, Jeddah pada hari Sabtu lalu. Koleksi tersebut merupakan perpaduan yang luar biasa antara tradisi lokal dan modernitas. Arab News menyebut ini memberikan penghormatan kepada kekayaan warisan budaya Jeddah.

Marzuki, yang berasal dari Jeddah, memilih kampung halamannya sebagai inspirasi koleksi unik ini, yang bertujuan untuk merangkum esensi fasad batu dan rawashin dekoratif Al-Balad.
Koleksi Feshen yang Memberi Penghormatan kepada Warisan Arsitektur Arab Saudi

Koleksinya, yang berakar pada keindahan arsitektur Hijazi yang rumit, mengambil inspirasi dari pola layar jendela rawashin dan mangour yang penuh hiasan yang telah lama menjadi ciri khas bangunan di wilayah tersebut.

Rawashin adalah fitur arsitektur yang menonjol dalam arsitektur Hijazi, khususnya di kawasan bersejarah Jeddah dan Makkah di Arab Saudi.

Istilah roshan mengacu pada bingkai jendela kayu yang diukir dengan rumit atau kisi-kisi yang merupakan bagian integral dari rumah tradisional di wilayah Hijaz. Layar kayu berornamen ini memiliki beberapa tujuan praktis dan estetika. Pola manggar menjadi inspirasi utama yang menghiasi setiap tekstil dalam koleksinya.



Koleksinya menampilkan 23 gaun yang dikenakan oleh model Saudi dari 13 wilayah Kerajaan, menyoroti keragaman kecantikan Saudi.

Setiap bagian dalam koleksi Banat Al-Balad merupakan bukti kekayaan budaya Kerajaan Arab Saudi, yang diwujudkan melalui upaya kolaborasi seniman Ahmed Angawi dan lulusan Institut Seni Tradisional Kerajaan, Samaher Basamakh, yang menafsirkan kembali pola kayu tradisional untuk tekstil. Teknik tenun tradisional dan inovatif dari beberapa pabrik paling terkenal di dunia membantu menyatukan semuanya.

Marzuki mengatakan kepada Arab News: “Kami benar-benar mencoba membuat identitas visual Saudi. Jadi, kalau dipikir-pikir, apa sebenarnya kekayaan visual Saudi? Itu adalah geometri.”
Koleksi Feshen yang Memberi Penghormatan kepada Warisan Arsitektur Arab Saudi

Berbicara tentang pentingnya Rumah Zainal bagi koleksinya, ia berkata: “Ini adalah rumah yang sangat penting. Ini yang pertama dibangun di atas batu bata. Itu adalah situs warisan UNESCO. Dan kami baru saja memikirkan kemegahan tangga ganda tersebut… Kami memikirkan tentang pintu masuk baru yang nyata dan drama serta apa yang dapat dilakukannya.”

Masing-masing model dimahkotai dengan kerudung yang dikenal dalam tradisi Hijazi sebagai “mihrama mudawara.”

Marzuki berkata: “Saya ingat nenek buyut saya memakai ini. Jadi, kami mencoba mencocokkannya dengan setiap tampilan.”

Koleksinya menampilkan beberapa penampilan menonjol yang menuntut perhatian. Potongan beludru tersebut merupakan hasil tenun jacquard yang rumit, diproduksi di salah satu pabrik beludru yang tersisa.



Pakaian malam berkilau dengan film berkilauan yang dilukis dengan tangan dan sisipan beludru pada dasar renda tuas, menampilkan ketelitian dalam pengerjaannya.

Sorotan dari koleksi ini adalah tampilan pengantin, dibuat dengan renda manggis guipure oleh pabrik Swiss dan dilengkapi dengan kerudung sutra organza yang dibuat dengan sulaman Prancis, yang membutuhkan sekitar 400 jam pengerjaan. Setiap tampilan dimahkotai dengan mihrama mudawara, terbuat dari katun voile dan satin duchesse, untuk menghormati pakaian tradisional daerah tersebut.

Marzuki menjelaskan bahwa penampilan hari ini fokus pada pakaian praktis dan dapat dikenakan yang cocok untuk bekerja — pakaian kasual bisnis dan kasual cerdas yang bergaya dan nyaman.

Dengan menekankan kesopanan, koleksinya mencakup kemeja, mantel, rok, dan gaun siang hari, yang menjawab kebutuhan akan pakaian kerja yang segar bagi wanita. Tujuannya adalah untuk memberikan pilihan di luar abaya tradisional, menawarkan sentuhan Saudi hingga pakaian smart casual untuk khalayak global.

Mengenai pilihan pakaian, desainer menyoroti pertimbangan kenyamanan di iklim hangat, menggabungkan renda dan bahkan kain bambu untuk pilihan yang ramah panas.

Koleksinya mengeksplorasi ruang negatif dan positif dengan desain berlubang yang menampilkan pola mirip roshan. Selain itu, beberapa gaun menampilkan pola yang diterjemahkan ke dalam beludru, sementara sepatu yang dibuat khusus, dibuat bekerja sama dengan ZYNE, juga memadukan elemen unik roshan.



Pola dalam koleksinya terinspirasi dari berbagai rumah, termasuk Matbouli, Ba Junaid, dan Saloom House, yang masing-masing memiliki cerita uniknya sendiri.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)