Ini Mengapa Warga Yaman Ngeri AS Masukkan Houthi sebagai Teroris

Jum'at, 23 Februari 2024 - 14:39 WIB
loading...
A A A
Meskipun Washington telah membuat beberapa pengecualian untuk mengurangi dampak penetapan Houthi sebagai kelompok “teror”, direktur operasi bantuan untuk Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), Edem Wosornu, mengatakan bahwa perekonomian Yaman tidak akan kebal dari dampak tindakan tersebut.

Dia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, “Kami khawatir akan ada dampak terhadap perekonomian, termasuk impor komersial barang-barang penting yang menjadi andalan rakyat Yaman lebih dari sebelumnya.”

Ali, warga Sanaa, juga khawatir pembatasan tersebut bisa berdampak pada kenaikan harga komoditas impor. “Ketika ketegangan militer meningkat, atau aliran kapal ke Yaman terganggu, kami merasakan dampaknya ketika harga komoditas naik,” kata Ali.

Takut Perang Baru

Amal Saleh, seorang guru sekolah berusia 38 tahun di provinsi Al-Hudaydah, berharap perundingan damai yang dipimpin PBB dalam beberapa bulan terakhir akan menghasilkan kesepakatan untuk menghentikan perang sembilan tahun antara kelompok Houthi yang didukung Iran dan pemerintahan yang didukung Arab Saudi.



Kedua belah pihak hampir menandatangani perjanjian damai akhir tahun lalu. Saleh memperkirakan perjanjian tersebut juga akan mencakup pembayaran gaji pegawai negeri, yang telah dipotong sejak tahun 2016 karena perselisihan pihak-pihak yang bertikai mengenai sumber daya.

“Houthi sekarang menjadi kelompok ‘teror’, dan hal ini menjadikan upaya mencapai perdamaian di Yaman menjadi tugas yang lebih sulit. Apa yang terjadi adalah munculnya masalah tambahan, khususnya dimulainya kembali perang, yang merupakan ketakutan terbesar kami,” kata Saleh kepada Al Jazeera.

Dalam pengarahannya kepada Dewan Keamanan pada tanggal 14 Februari, utusan PBB untuk Yaman Hans Grundberg memperingatkan siklus eskalasi “berbahaya” yang sedang terjadi di negara tersebut.

“Ada firasat di beberapa garis depan, dengan adanya laporan bentrokan, mobilisasi, dan korban jiwa, termasuk di Shabwa, Al Jawf, Marib, Saadah, dan Taiz,” katanya. “Saya juga prihatin dengan semakin besarnya ancaman masyarakat untuk kembali berperang.”

Pada bulan April 2022, kedua negara yang bersaing di Yaman menyetujui gencatan senjata enam bulan yang disponsori PBB untuk pertama kalinya sejak tahun 2015.



Pembicaraan sejak saat itu telah memperkuat harapan akan kesepakatan perdamaian yang komprehensif. Namun perang Israel di Gaza, meningkatnya ketegangan regional dan eskalasi Laut Merah telah mengalihkan fokus para pemain kunci dari Yaman, sehingga mempersulit negosiasi, menurut Grundberg.

Tidak Ada Dampak Langsung

Asumsi di balik sebutan “teroris” untuk Houthi – bahwa hal itu akan melemahkan kelompok tersebut – pada dasarnya salah, kata Adnan Hashem, seorang peneliti di Pusat Studi Yaman dan Teluk. “Menetapkan Houthi sebagai kelompok ‘teror’ tidak akan berdampak langsung pada kelompok Houthi. Semua milik Houthi ada di Yaman, dan mereka tidak memiliki uang tunai atau properti di luar Yaman,” katanya kepada Al Jazeera.

“Meskipun AS bermaksud menekan kelompok Houthi dengan tindakan ini, hal sebaliknya mungkin terjadi, kata Hashem. “Houthi bisa merasa terhina setelah dicap sebagai teroris, dan hal ini kemungkinan besar akan menghasut mereka untuk meningkatkan operasinya di Laut Merah.”

Mohammed Abdulsalam, juru bicara Houthi, menggambarkan memasukkan Houthi dalam daftar teroris oleh AS sebagai “kemunafikan yang terang-terangan”, karena bertujuan untuk melindungi Israel dan mendorong “genosida” di Gaza.

Penunjukan tersebut tidak akan mengubah pendekatan Houthi terhadap Laut Merah. “Jika sejumlah rezim terbiasa tunduk pada… kebijakan arogan Amerika, maka hal ini tidak akan terjadi di Yaman.”

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)