Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 20:32 WIB
loading...
Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan
Berpuasa merupakan salah satu ibadah untuk melatih perempuan untuk menahan diri dan bersabar. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Perempuan memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, lembut, adalah karakter khas perempuan yang tidak dominan ada pada laki-laki.

Melihat fitrahnya tersebut, berpuasa merupakan salah satu hal untuk melatih perempuan untuk menahan diri dan bersabar. Walaupun puasa bukan hanya ditunjukkan untuk perempuan, akan tetapi kaum Hawa ini dapat memahami bahwa puasa dapat melatih dirinya dan menjadikan dirinya sebagai muslimah yang baik.

Ada banyak jenis puasa yang bisa dilakukan oleh muslim dan muslimah, di antaranya puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamud Bidh, puasa Daud, puasa sunnah Idul Adha, puasa 1 Muharram, dan puasa Syawal. (Baca juga : Kemuliaan dan Keutamaan Sifat Istri Saleha )

Setelah sebelumnya banyak muslimah yang kian rajin dalam berpuasa sunnah Senin Kamis, ibadah puasa Daud pun makin banyak yang mengamalkannya saat ini.

Dalam sebuah hadis dijelaskan : “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal" (HR Bukhari)

Lalu, hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru radhiyalahu ‘anhu, ia berkata:

"Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu. Maka, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari itu.” (HR. Bukhari)

Ibadah puasa ini adalah ibadah yang dijalankan Nabi Daud sepanjang hayatnya, dengan berpuasa selang seling dengan jeda satu hari saja. Dilihat dari aspek spiritual , keutamaan puasa Daud dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kedekatan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Selain itu, ada pula keutamaannya dilihat dari aspek kesehatan . Menurut dr. Ami Nurrahmi Aisyah, seorang dokter yang berpraktik di Dinas Kesehatan Bandung, diketahui puasa Daud yang rutin dilakukan ini, mampu menghilangkan racun dalam tubuh atau disebut detoksifikasi, dan meningkatkan imunitas tubuh, serta yang lainnya. Berikut di antaranya:

1. Melakukan detoksifikasi tubuh

Karena dengan berpuasa kita bisa mengkontrol makanan yang masuk dan racun-racun dalam tubuh akan keluar karena tubuh berhenti bekerja mengolah makanan.(Baca juga : Wahai Muslimah, Andakah Sosok Istri Idaman Itu? )

2. Menjaga stamina tubuh

Ini karena puasa membakar energi dan berbagai cadangan makanan kita. Dengan begitu tubuh akan semakin fit dan stamina terjaga karena metabolisme tubuh semakin membaik
.
3. Menjaga diri dari makan-makanan yang haram akan dilakukan ketika berpuasa

Akan menjadi sia-sia melakukan puasa jika kita tetap makan-makanan yang haram. Sedangkan makan makanan yang haram akan membuat pahala hilang dari ibadah yang kita jalankan.

4. Membuat pola makan dan konsumsi sehat

Hal ini akan terjadi karena kita benar-benar mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak dan sehat. Tapi dengan berpuasa maka kita akan memilih makanan yang baik.

5. Membatasi diri untuk banyak konsumsi makanan

Ini juga menjadi sebuah keutamaan dari puasa daud. Hal ini karena kita akan membatasi konsumsi, tidak banyak makan, ngemil, atau sekedar memenuhi hasrat makanan saja. (Baca juga : Inilah Potret Istri Saleha dan Penyejuk Hati Suami )

Untuk itulah puasa daud bisa kita lakukan jika hendak memiliki hidup sehat sekaligus mendapatkan pahala atas ibadah yang kita lakukan. Melihat manfaatnya, muslimah juga tidak harus buru-buru melakukannya. Dimulai dari puasa Senin Kamis saja dulu. Setelah itu, kuatkan hati dan mental, kemudian lanjut ibadah Puasa Daud. Bismillah.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)