Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan

loading...
Ternyata, Puasa Daud Bermanfaat bagi Kesehatan Perempuan
Berpuasa merupakan salah satu ibadah untuk melatih perempuan untuk menahan diri dan bersabar. Foto ilustrasi/istimewa
Perempuan memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, lembut, adalah karakter khas perempuan yang tidak dominan ada pada laki-laki.

Melihat fitrahnya tersebut, berpuasa merupakan salah satu hal untuk melatih perempuan untuk menahan diri dan bersabar. Walaupun puasa bukan hanya ditunjukkan untuk perempuan, akan tetapi kaum Hawa ini dapat memahami bahwa puasa dapat melatih dirinya dan menjadikan dirinya sebagai muslimah yang baik.

Ada banyak jenis puasa yang bisa dilakukan oleh muslim dan muslimah, di antaranya puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamud Bidh, puasa Daud, puasa sunnah Idul Adha, puasa 1 Muharram, dan puasa Syawal. (Baca juga : Kemuliaan dan Keutamaan Sifat Istri Saleha)

Setelah sebelumnya banyak muslimah yang kian rajin dalam berpuasa sunnah Senin Kamis, ibadah puasa Daud pun makin banyak yang mengamalkannya saat ini.



Dalam sebuah hadis dijelaskan : “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal" (HR Bukhari)

Lalu, hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru radhiyalahu ‘anhu, ia berkata:

"Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu. Maka, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari itu.” (HR. Bukhari)



Ibadah puasa ini adalah ibadah yang dijalankan Nabi Daud sepanjang hayatnya, dengan berpuasa selang seling dengan jeda satu hari saja. Dilihat dari aspek spiritual, keutamaan puasa Daud dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kedekatan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا فِى الۡبِلَادِؕ
Jangan sekali-kali kamu teperdaya oleh kegiatan orang-orang kafir yang bergerak di seluruh negeri.

(QS. Ali 'Imran:196)
cover bottom ayah
preload video