Doa Makan Kurma untuk Buka Puasa

Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:20 WIB
loading...
Doa Makan Kurma untuk Buka Puasa
Doa makan kurma untuk buka puasa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Terlebih, kurma sendiri merupakan salah satu makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa makan kurma untuk buka puasa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Terlebih, kurma sendiri merupakan salah satu makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Saat buka puasa, umat Muslim disarankan untuk mengonsumsi makanan manis. Adapun salah satu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah kurma. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berikut:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ


Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum salat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air." (HR Abu Dawud 2356), Ad-Daruquthni 240 dan Al-Hakim 1576)

Lantas, adakah doa khusus ketika akan mengonsumsi kurma saat buka puasa? Simak penjelasannya berikut ini.

Doa Makan Kurma saat Buka Puasa

Doa makan kurma ketika buka puasa sebenarnya tidak pernah diajarkan secara khusus. Maka dari itu, sebelum memakannya bisa mengucapkan basmalah saja.

Namun, karena momennya buka puasa, maka dapat juga membaca doa berbuka puasa seperti biasa. Berikut contohnya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin”

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Selain itu, bisa juga mengikuti doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika buka puasa dan menyantap makanan apa pun, termasuk kurma. Seperti diriwayatkan Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu, ia berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله


"Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Dawud nomor 2357, An-Nasa'i: 3315, dishahihkan Syaikh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud).

Demikianlah ulasan mengenai doa makan kurma untuk buka puasa yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)