Kisah Salma al-Shehab, Mahasiswi Leeds Asal Arab Saudi yang Dibui 27 Tahun karena Tweet

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:36 WIB
loading...
Kisah Salma al-Shehab, Mahasiswi Leeds Asal Arab Saudi yang Dibui 27 Tahun karena Tweet
Salma ak-Shehab di tengah keluarganya. Foto: The Times
A A A
Sedikitnya 340 akademisi, mahasiswa dan karyawan menyampaikan surat terbuka yang menyerukan agar Universitas Leeds, Inggris , membebaskan Salma al-Shehab dari penjara Arab Saudi .

Salma adalah mahasiswa PhD Leeds yang divonis hukuman 27 tahun penjara di Saudi karena me-retweet postingan yang mendukung hak-hak perempuan

Dalam sebuah surat terbuka yang dikoordinasikan oleh University and College Union (UCU) cabang Leeds, 340 akademisi, mahasiswa dan karyawan itu mendesak Wakil Rektor Hai-Sui Yu dan Pro-Rektor Alastair Da Costa untuk secara terbuka menyerukan Arab Saudi untuk membebaskan Salma el-Shehab.

Universitas Leeds belum mengeluarkan pernyataan tentang mahasiswa PhD-nya sejak Agustus 2022, ketika universitas tersebut menyatakan “keprihatinan yang mendalam” terhadap kasusnya. Para pegiat percaya bahwa menyerukan pembebasan al-Shehab akan menjadi langkah penting untuk membangun tekanan bagi pembebasannya.



“Tindakan terbaru ini menunjukkan tingkat keprihatinan yang sangat besar mengenai nasib Salma di kalangan komunitas Universitas Leeds, yang sangat menginginkan universitas mereka melakukan semua yang bisa mereka lakukan untuk mendukungnya, dan agar pemerintah Inggris menggunakan pengaruhnya yang besar untuk mendorong pembebasannya,” Joshua Cooper, wakil direktur di Alqst, sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan kepada Middle East Eye.

Salma al-Shehab adalah mahasiswa PhD di Universitas Leeds. Ia seorang ahli kesehatan gigi berusia 35 tahun dan ibu dari dua anak. Ia warga negara Saudi, yang merupakan bagian dari minoritas Syiah di kerajaan tersebut, tinggal di kota di West Yorkshire, di utara Inggris, sebelum ditahan di Arab Saudi.

Pada tanggal 15 Januari 2021, saat berlibur di Arab Saudi, dia ditangkap dan ditahan di sel isolasi, setelah me-retweet postingan yang mendukung izin perempuan mengemudi dan menyerukan pembebasan aktivis termasuk Loujain al-Hathloul, tokoh hak-hak perempuan terkemuka yang menjalani 1.001 hari penahanan dan hidup di bawah larangan bepergian.

Selama lebih dari sembilan bulan, al-Shehab diinterogasi oleh pihak berwenang sebelum dibawa ke pengadilan, di mana dia awalnya dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Pada Agustus 2022, Pengadilan Kriminal Khusus Arab Saudi menaikkan hukuman ini menjadi 34 tahun, sebelum menguranginya menjadi 27 tahun penjara.



Pada saat itu, hukuman awal terhadap al-Shehab adalah yang terlama yang dijatuhkan di Arab Saudi kepada seorang perempuan pembela hak asasi manusia, dan hal ini menarik perhatian karena dia tidak terkenal dan memiliki sedikit pengikut.

Namun hukuman terhadap mahasiswa PhD tersebut adalah yang pertama dari serangkaian kasus, termasuk kasus Nourah al-Qahtani dan Saad Almadi, di mana pemerintah Saudi menjatuhkan hukuman penjara yang lama kepada orang-orang yang profil media sosialnya tidak jelas.

Seminggu setelah hukuman mengejutkan al-Shehab, al-Qahtani dijatuhi hukuman 45 tahun penjara karena dianggap “melanggar tatanan sosial kerajaan” dan “melanggar ketertiban umum” melalui tweet dari dua akun anonim.

Selama masa penahanannya, yang oleh para ahli PBB dianggap sewenang-wenang, kesehatan fisik dan mental al-Shehab memburuk.

Pada bulan Maret 2023, dia dan tujuh wanita Saudi lainnya yang ditahan melakukan mogok makan, yang diakhiri oleh al-Shehab setelah beberapa minggu sehingga dia dapat minum obat.

Alqst yakin kasus mahasiswa Leeds ini merupakan simbol dari tindakan keras terhadap kebebasan berpendapat yang terjadi di Arab Saudi.



“Selama dua tahun terakhir, pengadilan Saudi, yang terkenal karena pelanggaran dan pengabaiannya terhadap perlindungan hukum, telah menjatuhkan serangkaian hukuman penjara selama puluhan tahun kepada para aktivis damai dan bahkan individu, dengan cara yang semakin kurang ajar dan tidak rasional,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Kemitraan Strategis

Jumlah warga Arab Saudi yang belajar di Inggris meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2871 seconds (0.1#10.140)