Kisah Salma al-Shehab, Mahasiswi Leeds Asal Arab Saudi yang Dibui 27 Tahun karena Tweet

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:36 WIB
loading...
A A A
Laporan British Council pada tahun 2022 yang meneliti “peluang pendidikan tinggi dan kolaborasi pelatihan teknis antara institusi di Arab Saudi dan Inggris” mencatat bahwa Inggris adalah tujuan asing terpopuler kedua bagi pelajar Saudi.

“Kemitraan antara institusi pendidikan Saudi dan Inggris sudah berlangsung lama dan menunggu perluasan,” kata British Council.

Pada tanggal 14 Maret, Universitas Leeds mengeluarkan pernyataan untuk merayakan Manar Samman, lulusan Leeds yang dinobatkan sebagai pemenang nasional British Council Study UK Alumni Awards dalam kategori sains dan keberlanjutan di Arab Saudi.



Pada bulan Desember, pejabat pemerintah Inggris dan perwakilan dari universitas-universitas Inggris bertemu dengan Menteri Pendidikan Saudi Yousef al-Benyan di Riyadh.

Menurut kantor pers Saudi, pertemuan meja bundar tersebut mencakup diskusi yang bertujuan untuk “memperkuat kemitraan strategis yang sedang berlangsung antara kedua negara di bidang pendidikan, yang dimulai pada tahun 2018 ketika Putra Mahkota Mohammed bin Salman menandatangani nota kesepahaman untuk menjalin kemitraan” .

“Kami mencatat bahwa pihak berwenang Arab Saudi secara aktif mencari kemitraan internasional, termasuk dengan universitas-universitas Inggris,” demikian bunyi surat terbuka dari akademisi, mahasiswa, dan karyawan Leeds.

“Keterlibatan seperti ini tidak boleh menutupi situasi hak asasi manusia yang buruk di Arab Saudi, namun memungkinkan terjadinya perubahan positif di negara tersebut. Strategi internasionalisasi Arab Saudi membuatnya rentan untuk menghormati semua persyaratan dan kewajiban dalam keterlibatan internasionalnya, dan seruan tersebut dapat mengarah pada kemenangan hak asasi manusia, seperti pembebasan tahanan hati nurani.”

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)