Mohamed Elneny: Bukti Hidup Jalankan Puasa Selaras Kehidupan Pesepakbola

Senin, 01 April 2024 - 02:00 WIB
loading...
Mohamed Elneny: Bukti Hidup Jalankan Puasa Selaras Kehidupan Pesepakbola
Mohamed Elneny. Foto/IlustrasI; Arab News
A A A
Mohamed Elneny adalah bukti hidup, bernapas, dan tersenyum bahwa menjalankan puasa Ramadan bisa selaras dengan kehidupan seorang pesepakbola Premier League .

Meski bermain di liga yang paling menguras stamina, pemain Arsenal itu tetap berpuasa sepanjang bulan suci Ramadan .

Menyeimbangkan keyakinan beragama dengan sepak bola bermanfaat baginya, meskipun hal itu terkadang membuat rekan satu timnya bingung.

“Mereka banyak bertanya. 'Mo, kapan kamu minum? Kapan kamu boleh makan?’ Bagi mereka, tidak masuk akal berlatih tanpa minuman atau makan," kata Mo kepada Arab News.



“Jika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda akan menemukan cara untuk melakukannya. Anda hanya melatih pikiran Anda," sambung Mo.

Ia mengakui merasa lebih kuat di bulan Ramadan karena kita melakukan Ramadan untuk Tuhan dan ketika melakukan sesuatu untuk Tuhan pahalanya akan besar. Dia tidak akan membuatmu merasa lelah. Dia memberimu kekuatan.

“Hari ini, misalnya, saat latihan, para pemain bertanya: ‘Apakah kamu berpuasa?’ Saya berlari seperti biasa. Cara saya berlatih dan kekuatan yang Tuhan berikan kepada saya, Anda akan mengira saya tidak berpuasa. Anda tidak memikirkan makanan atau minumannya. Anda fokus pada Al-Qur'an dan berdoa, bagaimana kehidupan terjadi, betapa indahnya langit dan Anda memikirkan orang-orang miskin. Yang tidak punya makanan dan uang,” kata Elneny.

“Jika ada orang miskin yang datang kepadamu sekarang tentu saja kamu memberikannya karena kamu tahu betapa lapar dan hausnya mereka. Anda perlu merasakan ini. Oleh karena itu, sangat menyenangkan menyambut bulan Ramadan. Anda belajar bagaimana menjaga orang lain.”

Pemain Mesir itu memberikan penghormatan atas pengertian yang dia terima dari staf Arsenal, termasuk manajer Mikel Arteta.

“Saya biasa menjalani Ramadan di Swiss ketika saya bermain di sana dan beberapa pelatih bertanya apakah saya bisa menjalani setengah Ramadan atau beberapa hari seterusnya dan ada yang tidak. Mikel sepenuhnya mendukung saya dan begitu pula semua ahli gizi dan dokter di Arsenal. Mereka senang saya melakukannya,” katanya.



“Ahli gizi misalnya, memberi saya suplemen dan minuman berprotein untuk diminum pada malam hari agar saya tidak dehidrasi karena tubuh saya membutuhkan air. Para dokter juga mendukung saya. Saya harus mengucapkan terima kasih untuk ini.”

Liga Premier juga memberikan dukungan dengan memperkenalkan jeda Ramadan yang dapat diaktifkan oleh ofisial dalam pertandingan di mana matahari terbenam selama pertandingan.

Preseden terjadi tiga tahun lalu ketika pertandingan Leicester melawan Crystal Palace dihentikan sebentar untuk memungkinkan Wesley Fofana dan Cheik Kouyate berbuka puasa dengan gel energi.

Jam di Inggris maju satu jam akhir pekan ini untuk Waktu Musim Panas Inggris, jadi pada hari Rabu matahari akan terbenam delapan menit setelah pertandingan Arsenal melawan Luton.

Ini adalah pertandingan di mana Elneny bisa tampil, dengan Arteta harus menyeimbangkan dua tujuan Liga Premier dan Liga Champions.

Ini akan menjadi penampilan yang langka baginya di musim di mana ia hanya tampil enam kali.

Dia kecewa karena tidak tampil lebih banyak dalam musim yang luar biasa untuk Arsenal sejauh ini, tapi dia jauh dari pengganggu ruang ganti seperti yang bisa dibayangkan.

“Saya ingin bermain sepanjang waktu. Saya tidak ingin melewatkan satu pertandingan pun. Tapi apa adanya, dalam pikiran dan hati, saya tidak memikirkan diri saya sendiri, saya hanya memikirkan bagaimana saya akan mendukung rekan satu tim dan pelatih saya dan bagaimana saya akan memberikan semua yang saya miliki untuk tim, " katanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)