5 Negara Eropa Pemasok Militan ISIS Terbanyak, Teratas Sedang Perang

Kamis, 04 April 2024 - 13:39 WIB
loading...
5 Negara Eropa Pemasok Militan ISIS Terbanyak, Teratas Sedang Perang
Terdapat sejumlah negara Eropa yang menjadi asal militan ISIS terbanyak. Salah satunya mencapai hampir 5.000 orang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Terdapat sejumlah negara Eropa yang menjadi asal militan ISIS terbanyak. Salah satunya mencapai hampir 5.000 orang.

Pada riwayatnya, ISIS telah dikenal sebagai kelompok teror yang menebar ancaman di berbagai negara. Kendati statusnya demikian, mereka tetap bisa menarik minat banyak warga di dunia untuk bergabung dalam operasinya.

International Centre for the Study of Radicalisation (ICSR) pada 2018 merilis sebuah laporan berjudul “From Daesh to ‘Diaspora’: Tracing the Women and Minors of Islamic State”. Pada salah satu isinya, diperkirakan bahwa setidaknya terdapat 41.490 warga dunia dari 80 negara berbeda yang berafiliasi dengan ISIS di Irak dan Suriah.

Lebih jauh, ICSR juga mengklasifikasikan masing-masing negara dengan perkiraan total warganya yang terafiliasi dengan ISIS . Berikut ini deretannya yang paling banyak di Eropa.

Negara Eropa Pemasok Militan ISIS Terbanyak

1. Rusia

Rusia menjadi salah satu negara terkuat di dunia. Label tersebut sebenarnya tak berlebihan mengingat keberadaannya yang memang punya pengaruh besar dan disegani.

Baru-baru ini, Rusia menghadapi serangan teroris yang diduga berasal dari kelompok ISIS. Menyasar Moskow, para pelaku menyerang gedung konser Crocus City dan menewaskan ratusan orang.

Terlepas dari serangan yang berlangsung, Rusia sendiri dilaporkan memiliki ribuan warga yang diduga terafiliasi dengan ISIS. Menurut data ICSR, per 2018 setidaknya ada 4000-5000 warganya yang menjadi afiliator, termasuk di Chechnya dan Dagestan.

2. Prancis

Berikutnya ada Prancis. Negara Eropa ini juga memiliki banyak orang yang berafiliasi dengan ISIS.

Pada 2018, ICSR memperkirakan bahwa sekitar 1910 orang di Prancis terafiliasi dengan ISIS. Angka ini menjadi salah satu yang paling banyak di Eropa, tepat di bawah Rusia.

3. Jerman

Jerman diperkirakan memiliki sekitar 960 orang yang diduga menjadi militan ISIS. ICSR juga melaporkan lebih dari 300 di antaranya telah kembali.

Menurut Kantor Luar Negeri Federal Jerman, setiap orang yang tadinya menjadi anggota ISIS dan kembali ke Jerman, mereka akan diadili. Secara umum, orang-orang tadi bisa menghadapi tuduhan keanggotaan dalam kelompok teroris dan berpotensi dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

4. Inggris

Negara berikutnya adalah Inggris. Data ICSR mencatat setidaknya ada 850 orang di negara tersebut yang diduga berafiliasi dengan ISIS.

Sebagaimana Jerman, sebagian di antaranya juga sempat pulang ke Inggris. Namun, mereka tetap diproses sesuai hukum yang berlaku.

5. Belgia

Belgia merupakan sebuah negara di Eropa Barat Laut. Mereka berbatasan dengan Belanda di utara, Jerman di timur, Luksemburg di tenggara, dan Prancis di selatan.

Belgia sendiri diperkirakan memiliki sekitar 498 orang yang berafiliasi dengan ISIS. Meski di bawah seribu, angka tersebut termasuk salah satu yang terbanyak di kawasan Eropa.

Demikianlah ulasan mengenai deretan negara Eropa pemasok militan ISIS terbanyak.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)