Surat Yasin Berada di Juz Berapa?

Jum'at, 12 April 2024 - 16:54 WIB
loading...
Surat Yasin Berada di Juz Berapa?
Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam kitab suci Al Qur’an. Surat ini terdiri atas 83 ayat, dan pada letaknya, surat Yasin berada dalam juz ke-22. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Yasin berada di juz berapa? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah sesekali terlintas di benak umat Muslim. Pada statusnya, surat Yasin sangat populer di kalangan umat Islam. Tak hanya dikenal sebagai jantungnya Al Qur’an, surat ini juga rutin dibaca oleh umat Muslim dalam berbagai kesempatan.

Bukan tanpa alasan, surat Yasin memang terkenal memiliki banyak keutamaan. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang Muslim yang rutin membacanya, bahkan sudah menghafalnya.

Kendati begitu, tak jarang seorang Muslim juga belum mengetahui secara pasti letak surat Yasin dalam Al Qur’an. Lantas, ada di juz berapakah Surat Yasin ini?

Surat Yasin Berada di Juz Berapa?

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam kitab suci Al Qur’an. Surat ini terdiri atas 83 ayat. Pada letaknya, surat Yasin berada dalam juz ke-22. Surat ini masuk golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Jin.

Berkaitan dengan penamaannya, ada beberapa versi yang banyak dipercaya. Pertama, surat ini dinamai Yasin karena dimulai dengan bacaan “Yaasiin”.

Kemudian, dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas terdapat keterangan bahwa ‘Yasin’ dimaknai sebagai “ya insan” (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Sementara Imam Malik yang meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti “ya sin” adalah kependekan dari nama-nama Allah.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai “Surat Yasin berada di juz berapa?”. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)