Mengenal Makharijul Huruf Beserta Jenis-jenisnya

Rabu, 17 April 2024 - 19:43 WIB
loading...
A A A
Bunyi huruf Lam (ل) keluar dari tepi lidah (kiri/kanan) hingga penghabisan ujung lidah dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

-Ujung lidah (huruf Nun (ن)

Bunyinya keluar dari ujung lidah (setelah makhrojnya Lam, lebih masuk sedikit ke dasar lidah dari pada Lam dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

-Ujung lidah tepat (huruf Ro’ (ر)



Bunyi huruf Ro’ (ر) dari ujung lidah tepat (setelah makhrojnya Nun dan lebih masuk ke dasar lidah daripada Nun) dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

-Kulit gusi atas (huruf Dal (د), Ta’ (ت) dan Tho’ (ط)

Bunyi huruf di atas keluar dari ujung lidah, serta menepati dengan pangkal dua gigi seri yang atas. Ketiganya biasa disebut Nath’iyah atau huruf-huruf sebangsa kulit gusi atas.

-Runcing lidah (huruf Shod (ص), Sin (س) dan Za’ (ز)

Bunyinya berasal dari ujung lidah dan menepati ujung dua gigi seri yang bawah. Tiga huruf di atas lazimnya disebut Asaliyah atau huruf-huruf sebangsa runcing lidah.

-Gusi (huruf Dho’ (ظ), Tsa’ (ث) dan Dzal (ذ)

Huruf-huruf tersebut keluar dari ujung lidah dan menepati dengan ujung dua gigi seri yang atas. Ketiganya biasa disebut Litsawiyah atau huruf sebangsa gusi.



2. Jauf (rongga tenggorokan)

Al-Jauf merupakan tempat keluarnya huruf hijaiyah yang berada di rongga tenggorokan. Adapun contoh hurufnya adalah alif ( ا ), wawu mati ( و ), dan ya' mati (ي).

-Alif dan sebelumnya ada huruf yang difathah. Contoh: مَالَا غَوَى

-Wawu mati dan sebelumnya ada huruf yang didhommah. Contoh :قُوْلُوْا

-Ya’ mati dan sebelumnya ada huruf yang dikasrah Contoh: حَامِدِيْنَ

3. Halq (tenggorokan)

Berikutnya ada Halq. Makharijul huruf ini dilafalkan lewat tenggorokan atau makhrojnya berada di tenggorokan. Berikut ini hurufnya:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)